Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Kisah Letusan Gunung Rinjani Di Pura Batu Bolong

Sharing Yaa
Gunung Rinjani di Lombok diyakini pernah meletus dahsyat ribuan tahun lalu. Bukti letusannya pun kini menjadi sebuah Pura Batu Bolong yang cantik. Bebatuan di pura ini diperkirakan adalah lava dan batu - batu hasil letusan gunung tersebut.

www.belantaraindonesia.org
Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong yang ada di Jl Raya Senggigi Km 4, Lombok Barat, wajib masuk dalam agenda kunjungan Anda saat wisata ke Lombok. Selain bentuk batu bolongnya yang unik, kisah letusan dahsyat Gunung Rinjani pun ada di sini.

Tekstur dan rupanya beda dengan batu karang atau batu - batu biasa. Memang, batu - batu di Pura Batu Bolong bukan batu biasa. Dari rupanya yang terlihat kasat mata saja, Anda bisa membedakan batu - batu di sini dengan batu - batu biasa.

www.belantaraindonesia.org
Batu Bolong
Bebatuan di Pura Batu Bolong adalah sisa bekas batu dan lava dari letusan gunung setinggi 3.726 Mdpl tersebut. Lelehan lavanya diyakini membabat habis hutan hingga ke wilayah Batu Bolong yang ada di tepian pantai.

Batu Bolong yang merupakan sebuah gugusan batu yang membentuk lubang besar menjadi keunikan tersendiri. Cobalah berdiri di bawah lubangnya yang bolong dan tengok ke atas. Anda akan melihat susunan batu yang unik seolah membentuk atap!

www.belantaraindonesia.org
Struktur Bebatuan Yang Di Yakini Akibat Letusan Rinjani
Jangan lupa siapkan kamera Anda saat datang ke Pura Batu Bolong. Tiket masuknya pun secara sukarela saja. Momen masyarakat Hindu yang sedang beribadah, anak - anak kecil bermain riang di pantai, hingga Gunung Agung di Bali yang ada di seberang dan terlihat cantik saat sunrise, menjadi bukti keindahan Lombok yang tak terbantahkan. src

Artikel terkait untuk dibaca



6 Belantara Indonesia Fans:

  1. Luarbiasa infonyagan, terimakasih gan semoga dalam berpuasanya selalu berada dalam kesehatan dan kekuatan.

    BalasHapus
  2. sungguh luar biasa pemandangannya itu terbentuk secara alami ya gan?

    BalasHapus
  3. sangat2 luar biasa ke agungan tuhan yme

    BalasHapus
  4. ternyata ada yang lebih ngeri juga ya dari meletusnya gunung kelud kemarennn

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!