Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

Kembang Arum, Desa Wisata Pendidikan Di Yogyakarta

Sharing Yaa
Kembang Arum, Desa Wisata Pendidikan Di Yogyakarta. Desa wisata yang menyuguhkan panorama alam pedesaan yang hijau dihiasi gemericiknya air pegunungan sangat ideal sebagai tempat outbond maupun sekedar menikmati seni budaya dan alam pedesaan.

www.belantaraindonesia.org

Desa Wisata Kembangarum ( Dewi Kembar ), Donokerto, Turi, Sleman terletak di kawasan Lintas Merapi, desa Kembangarum dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor. Setelah anda melewati jalan berliku - liku, sebuah papan nama kecil menyambut anda sebelum memasuki desa Kembangarum.

Gang kecil sebagai jalan masuk dari pinggir jalan utama memang awalnya sedikit meragukan, terlebih dengan papan nama Kembangarum yang kurang terlihat. Namun setelah masuk ke gang yang lebarnya hanya cukup untuk 1 mobil, pemandangan desa yang bersih dan tertata rapi langsung menyergap Anda.

www.belantaraindonesia.org

Pagar batu yang ditata sedemikian rupa rapinya, tampak menyatu dengan alam, natural dan sederhana. Berbagai tanaman hias ditanam di sepanjang gang. Perpaduan ini jelas membedakan desa Kembangarum dari desa biasa. Suasananya tenang, dengan perumahan tradisional dan udara yang segar.

Berdiri di pertengahan tahun 2005, desa Kembangarum rupanya belajar dengan cepat. Desa yang awalnya hanya merupakan desa biasa berhasil dibangun menjadi desa wisata yang menawarkan berbagai kegiatan alami.

Pohon - pohon salak yang berderet di kebanyakan halaman rumah penduduk merupakan lokasi agrowisata salak. Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung yang datang untuk memetik salak dan langsung menikmatinya di kebun.

www.belantaraindonesia.org

Tak hanya salak pondoh, salak gading dengan kulit bewarna kekuningan dan rasa yang tak kalah enak juga dibudidayakan di sini. Bahkan salak gading ini menjadi salah satu makanan khas yang ditawarkan. Salak gading yang direbus.

Selain kebun salak, desa Kembangarum juga mempunyai Sungai Tempor yang juga difungsikan sebagai wahana wisata. Trekking selama 1 jam menyusuri sungai, persawahan dan pedesaan banyak digemari oleh para wisatawan.

Desa wisata Kembangarum ini bisa disebut sebagai Desa Wisata Pendidikan karena para pengunjung yang datang di sini tidak saja menikmati suasana dan keramahtamahan penduduk yang ada di sini tetapi yang membedakan adalah Anda akan mendapat banyak pelajaran dan pengetahuan dari kunjungan wisata ini, tidak sekedar datang dan pergi begitu saja, ada nuansa edukasi yang akan anda peroleh di desa wisata ini istilahnya : "Anda datang senang pulang tambah pintar".

www.belantaraindonesia.org

Desa Wisata Kembangarum yang terletak di Donokerto, Turi, Sleman yang membentang 22 hektar, menjadi Pemenang I dalam Festival Desa Wisata tahun 2008. Kemenangan Kembangarum ini diputuskan dalam pertemuan dewan juri di Puspar UGM Yogyakarta pada tanggal 4 Juni 2008.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman Drs. Dwi Supriyatno, MS mengatakan Kembangarum terpilih menjadi Pemenang I se-Kabupaten Sleman setelah berhasil memperoleh skor tertinggi dan menyisihkan 12 desa wisata lain yang menjadi peserta. src

Artikel Terkait Untuk Dibaca



0 Komentar

0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!