Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

Gunung Sojol, Gunung Tertinggi Di Sulawesi Tengah

Area Bola
Sharing Yaa
Gunung Sojol merupakan Gunung tertinggi di Propinsi Sulawesi Tengah, Gunung dengan ketinggian mencapai 3.025 Mdpl ini terletak di Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Kecamatan Sojol berjarak 190 Km dan memakan waktu perjalanan delapan jam dari Palu Ibukota Propinsi Sulawesi Tengah.

www.belantaraindonesia.org

Para pendaki biasanya memulai pendakian dari salah satu desa di kaki gunung Sojol yaitu desa Siboang, untuk mencapai desa ini dari kota Palu bisa menggunakan jasa angkutan umum dari terminal Mamboro Palu dengan biaya Rp.100.000.

Seperti umumnya pendakian ke gunung lainnya di Sulawesi Tengah, pendakian gunung Sojol termasuk pendakian berat, hal ini dikarenakan panjangnya jalur / lintasan pendakian yang disebabkan titik start pendakian yang dimulai dari bawah ( 50 Mdpl ), berbeda dengan pendakian beberapa gunung di Jawa yang titik start berkisar 500 -100 Mdpl.

Selain itu kondisi medan yang sangat alami juga menyulitkan para pendaki. Pendakian ke Sojol bukan sebatas trekking atau hiking saja, jarangnya pendakian ke gunung ini menyebabkan setiap pendaki harus membuka / merintis jalur sendiri, termasuk menentukan arah lintasan yang akan ditempuh, ditambah dengan kondisi hutan tropis yang sangat rapat.

Dengan kondisi medan seperti diatas, kesiapan tim pendakian harus benar - benar matang, mulai dari perlengkapan navigasi, perbekalan hingga golok untuk merintis jalur.

Beberapa kali pendakian yang dilakukan oleh beberapa tim pendaki baik dari Sulteng maupun dari luar membutuhkan waktu pendakian berkisar antara 12 - 20 hari dilapangan. Dengan waktu tempuh sedemikian lama tentunya beban peralatan dan perbekalan semakin bertambah.

Namun meski sedemikian berat, tentu para petualang sejati tak akan surut bahkan semakin tertantang untuk menjajal dan menikmati pesona pendakian ke Gunung Sojol. src

Artikel Terkait Untuk Dibaca



0 Komentar

0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!