Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Rute Dan Aturan Pendakian Gunung Semeru

Sharing Yaa
Mendaki Gunung Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa selayaknya para pendaki mengetahui rute dan aturan baku yang telah di adakan demi keselamatan para pendaki itu sendiri. Sementara Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) mencatat banyak insiden kecelakaan yang dialami pengunjung di dalam kawasan TNBTS, terutama saat mendaki dan saat menuruni Gunung Semeru, akibat kelalaian korban.

www.belantaraindonesia.org

"Dalam pengalaman dan catatan kami, mayoritas kecelakaan yang dialami pengunjung, terutama pendaki, karena mereka mengabaikan peringatan kami. Rambu - rambu sudah kami pasang tapi tetap saja dilanggar," kata Ayu Dewi Utari, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Rata - rata pengunjung memasuki wilayah TNBTS tanpa informasi dan pengetahuan cukup tentang peta dan karakter alam taman nasional. Kebanyakan modal nekat dan semangat saja. Para pendaki misalnya, mayoritas tak paham rute dan karakter tiap rute pendakian.

Akibat kelalaian itu, kecelakaan demi kecelakaan banyak menimpa para pendaki Semeru. Mulai dari tersesat dan hingga ada yang tenggelam di Ranu Regulo dan ditemukan tewas beberapa hari kemudian.

www.belantaraindonesia.org
Ijul & Lanet
"Pengunjung harus terus diedukasi agar paham aturan, rute, dan karakter rute pendakian. Untuk sementara, pendakian kami batasi sampai Pos Kalimati saja karena kondisi Gunung Semeru masih labil. Kawah Semeru itu rutin meletup - letup dan berbahaya. Kalau kembali normal, baru boleh naik sampai ke puncak," kata Ayu.

Berikut rute pendakian resmi ke Gunung Semeru menurut data dari TNBTS
1. Resor Ranu Pani atau Pos Ranu Pani. Berada di ketinggian 2.200 Mdpl, Ranu Pani menjadi pos perizinan dan pengecekan bagi semua pengunjung. Pengunjung yang datang berombongan cukup diwakili pemimpin regu atau kelompok dengan menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk, daftar nama pengunjung, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan pengunjung.

2. Landengan Dowo ( 2.270 Mdpl ). Berjarak 3 kilometer dari Ranu Pani dengan waktu tempuh 60 menit. Landengan menjadi lokasi jalur pendakian pertama yang didominasi pohon Akasia.

3. Watu Rejeng ( 2.300 Mdpl ). Berjarak 5 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 90 menit. Ini lokasi jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo, dengan panorama dinding batu setinggi sekitar 100 meter.

www.belantaraindonesia.org
Ranu Kumbolo ( Arya & Sherin  )
4. Ranu Kumbolo ( 2.390 Mdpl ), basecamp untuk beristirahat yang berjarak 10 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 180 menit alias 3 jam.

5. Oro - oro Ombo ( 2.460 Mdpl ), lokasi jalur pendakian ke Puncak Mahameru yang berjarak 10,5 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 200 menit.

6. Cemoro Kandang ( 2.500 Mdpl ), berjarak 11,5 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 245 menit. Cemoro kandang bervegetasi cemara gunung.

7. Jambangan ( 2.700 Mdpl ). Lokasi jalur pendakian yang didominasi pohon Mentigi dan padang rumput atau sabana ini berjarak 13 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 330 menit.

8. Kalimati ( 2.800 Mdpl ). Basecamp untuk beristirahat ini berjarak 14,9 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 360 menit.

9. Arcopodo ( 2.900 Mdpl ). Basecamp terakhir ini berjarak 16,4 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh sekitar 7 jam.

www.belantaraindonesia.org
Puncak Mahameru
10. Puncak Mahameru ( 3.676 Mdpl ).

Pendaki pun perlu mengetahui ketentuan biaya masuk yang harus dibayar di Pos Ranu Pani.
Pengunjung dikenai biaya masuk untuk kategori pendakian dan rekreasi. Untuk pendakian, tiap pengunjung biasa domestik dikenai biaya Rp 7.000 dengan rincian karcis masuk Rp 2.500, surat izin Rp 2.500, dan asuransi jiwa Rp 2.000. Pengunjung berstatus pelajar dipungut Rp 5.750 per orang dengan rincian karcis masuk Rp 1.250, surat izin Rp 2.500, dan asuransi jiwa Rp 2.000.

Sedangkan turis asing dipungut Rp 24.500 per orang: tiket Rp 20.000, permit Rp 2.500, dan asuransi Rp 2.000.

Perizinan untuk rekreasi lebih sederhana dan gampang. Item pungutan untuk rekreasi mencakup karcis masuk dan asuransi jiwa. Tiap pengunjung umum dipungut Rp 4.500, masing - masing Rp 2.500 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk asuransi jiwa. Pelajar dan Mahasiswa dikutip Rp 3.250 per orang: karcis masuk Rp 1.250 dan asuransi jiwa Rp 2.000.

Sedangkan turis mancanegara yang mau berekreasi dipungut Rp 22 ribu per orang, dengan rincian tiket masuk Rp 20 ribu dan asuransi jiwa Rp 2.000.

Artikel terkait untuk dibaca



5 Belantara Indonesia Fans:

  1. Terima kasih mas atas artikelnya ini, saya sangat senang membaca artikel Rute Dan Aturan Pendakian Gunung Semeru ini, berasa seperti ngalami sendiri mas, padahal cuman baca artikelnya saja...hehehe..sekali lagi terima kasih banyak mas atas sharing infonya ini.

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!