Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Penjelajahan Alam Terbaik Di Asia Tenggara

Sharing Yaa
Gunung Rinjani yang megah merupakan gunung api besar yang menjulang tinggi di kawasan Pulau Lombok. Mendaki puncak gunung Rinjani dapat menjadi pengalaman menggembirakan yang dapat Anda rasakan. Dengan ketinggian 3.726 m, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia.

www.belantaraindonesia.org

Memang mendaki ke puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah namun sepadan rasanya jika Anda telah sampai di puncak dan menikmati salah satu pemandangan yang terindah yang mengagumkan.

Gunung ini merupakan bagian dari ‘cincin api’ yang terkenal dan memegang peranan penting dalam aspek kehidupan spiritual masyarakat setempat. Diperkirakan bahwa nama Rinjani berasal dari istilah Jawa Kuno yaitu ‘Tuhan’.

Di sekitar lereng Gunung Rinjani terdapat hutan lebat yang terperciki air terjun yang dikelilingi pemandangan yang luar biasa indahnya.

Di dalam kawasan gunung terdapat danau berbentuk sabit yaitu danau Segara Anak yang luar biasa berjarak sekitar 6 km berseberangan dengan titik terlebarnya. Danau sulfur ini berada 600 m di bawah lereng kawah. Air yang naik dari danau ini ialah gunung api yang baru yaitu Gunung Baru yang merupakan akibat dari erupsi bertubi - tubi tahun 1990 an.

www.belantaraindonesia.org

Segara Anak merupakan tempat spiritual. Orang Bali datang kesini setiap tahun dan mengadakan upacara yang disebut pekelan dimana perhiasan ditempatkan di danau sebagai persembahan kepada roh gunung. Masyarakat Wetu Telu juga menganggap danau tersebut sebagai tempat suci dan mereka datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama.

Gunung Rinjani terbentang di Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman dengan luas 41.330 ha dan di dalamnya terdapat zona transisi Garis Wallacea. Di tempat inilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australia. Taman Nasional ini didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasioanl yang ada di Indonesia.

Bagi para wisatawan, rute trek Rinjani yang berlangsung selama 3 hari meliputi trekking dari Senaru ke lereng kawah, menuruni kawah danau lalu berlanjut ke Sembalun Lawang yang dianggap sebagai salah satu tempat penjelajahan terbaik di Asia Tenggara. Para trekker yang sejati biasanya meneruskan perjalanan ke puncak gunung berapi. Gunung berapi ini dapat ditempuh dari Sembalun Lawang dan menghabiskan waktu 4 hari yang berakhir di Senaru.

www.belantaraindonesia.org

Untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapatkan keuntungan dari pemasukan pariwisata maka Trek Rinjani dikelola oleh kemitraan resmi Taman Nasional yaitu perwakilan masyarakat dan industri sektor umum dan pribadi pariwisata Lombok. Masyarakat menjalankan koordinasi koperatif penjelajahan di Rinjani Trek Center ( RTC ) di Senaru dan Rinjani Information Center ( RIC ) di Sembalun Lawang.

Pemasukan dari pariwisata dan tiket masuk digunakan untuk konservasi, manajemen, dan membantu Taman Nasional dengan pemeliharaan Trek Rinjani, dengan demikian Taman Nasional dapat terpelihara dengan baik. Model manajemen ini adalah manajemen yang unik di Indonesia dan dianggap sebagai contoh praktik ekowisata di Indonesia.

Tidak ada yang lebih menantang lagi selain mendaki gunung berapi yang masih aktif. Mendaki Gunung Rinjani merupakan uji nyali, namun perjuangan Anda akan dihadiahi dengan pemandangan gunung berapi yang spektakuler, danau sulfur, air terjun, dan pemandangan menarik lainnya sepanjang jalan. Dan masih banyak keajaiban alam yang ada di Taman Nasional yang siap untuk dijelajahi.

www.belantaraindonesia.org

Jangan lewatkan juga Anda untuk menjelajahi gua - gua terpencil. Ada 3 gua yang terkenal di sini yaitu Gua Susu, Gua Payung dan Gua Manik. Gua Susu merupakan tempat yang cocok untuk merefleksikan diri dan sering digunakan untuk bermeditasi.

Segarkan tubuh Anda di mata air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Saluran mata air panas yang disebut kokok putih merupakan tempat yang sempurna untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Masyarakat setempat meyakini bahwa mata air panas tersebut memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Air dikumpulkan dari sini dan dicampur dengan tanaman obat - obatan untuk membuat minyak obat yang disebut Siu Satus Tunggal atau dalam bahasa Bayan Siu Satunggal yang artinya dapat menyembuhkan seribu macam penyakit.

Edelweiss atau disebut juga bunga abadi merupakan tanaman yang langka dan berharga. Anda tidak dapat membawa atau memetik Edelweiss dari taman. Edelweiss dianggap masyarakat setempat merupakan bagian misteri dunia dari kerajaan roh.

www.belantaraindonesia.org

Pada zaman dahulu, seseorang yang menginginkan bunga ini harus cukup berani untuk bertarung dan mempertaruhkan jiwanya. Oleh karena itu bunga ini disebut juga Sandar Nyawa.

Di lereng Gunung Rinjani juga terdapat desa Tetebatu yang merapat yang memiliki pemandangan sawah dan perkebunan tembakau yang terbentang hijau dan menyejukkan mata. Dari sini, sewalah seorang pemandu wisata untuk membawa Anda ke Taman Wisata Tetabu ( Monkey Forest ) dimana Anda akan menemukan kera - kera berwarna hitam dan air terjun yang spektakuler.

TIPS
Untuk mendaki gunung, Anda memerlukan sepatu boot untuk mendaki yang bagus. Ketika Anda sampai di lereng kawah udaranya dingin dan berangin, jadi bawalah pakaian hangat.

Seorang pemandu diperlukan sebagai penunjuk jalan karena mendaki sendiri sangat tidak direkomendasikan.

Jangan datang pada musim hujan karena jalurnya pasti licin dan dan ditakutkan terjadi longsoran batu yang berbahaya.

Lebih baik membawa sleeping bag sendiri, namun jika Anda tidak punya, Anda dapat menyewanya. Tenda dan peralatan trekking lainnya juga dapat disewa.

Artikel terkait untuk dibaca



9 Belantara Indonesia Fans:

  1. hebat banget deh belantara indonesia,
    lah gimana ya gan rasanya menjelajah alam he ....

    BalasHapus
  2. pengen punya temen yang ngajak mendakiii,,,hehe...
    mantep pemandangannnya

    BalasHapus
  3. wah liat fotonya. kayanya seru banget tuh gan....

    BalasHapus
  4. salut dah untuk semua artikel di belantara indonesia ..

    BalasHapus
  5. di alun-alun puncak Gunung gede, cianjur juga ada edelweis. memang gak boleh dipetik kawan. setahu saya dari petugasnya memang seperti itu. mungkin termasuk dari upaya pelestarian bunga-bunga langka ya.

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!