Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Sharing Yaa
Mendaki Gunung Rinjani adalah impian para pendaki gunung dimanapun berada. Menginjakkan kaki dan bisa mengagumi alam indah Indonesia yang luar biasa dari Rinjani adalah menjadikan sebuah kebanggaan luar biasa yang bisa tercapai. Silahkan Anda daki Rinjani, dan juga coba ketahui tips - tips mendaki Gunung Rinjani berikut ini.

www.belantaraindonesia.org

1. Mendaki Gunung Rinjani sebaiknya didampingi oleh guide lokal yang biasanya juga bertindak sebagai porter dan koki memasak.

2. Mengingat Gunung Rinjani dan Gunung Baru Jari adalah tipe gunung merapi aktif, berhati - hatilah memilih waktu pendakian dan melakukan aktivitas pendakian itu sendiri. Kabarnya, Gunung Baru Jari terkadang masih menyemburkan percikan api, uap, dan gas beserta gemuruh saat malam hari.

3. Hendaknya tidak mendaki Rinjani saat musim hujan karena dapat dipastikan jalur pendakian akan menjadi licin, dan tentunya lebih sulit untuk didaki.

4. Untuk bermalam di tepian Danau Segara Anak, sebaiknya Anda membawa sleeping bag atau menyewanya di Desa Senaru atau Desa Sembalun. Baju hangat atau jaket dan syal juga tak boleh dilupakan guna menangkal hawa dingin pegunungan. Tenda, peralatan masak, dan memancing hendaknya masuk dalam daftar barang bawaan Anda apabila ingin bermalam di sekitar danau.

5. Tempat pemandian air panas di sekitar danau memiliki suhu yang berbeda - beda. Tapi, jangan khawatir telah ada petunjuk mengenai suhu tiap tempat sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan yang Anda inginkan.

6. Adalah tanggung jawab kita bersama untuk turut menjaga kebersihan apalagi kebersihan Surga Kecil berwarna biru di puncak gunung ini. Kabarnya, setiap satu atau dua minggu sekali, akan ada petugas kebersihan yang membersihkan sampah di sekitar danau. Setidaknya dengan tidak membuang sampah sembarangan maka Anda ikut berperan dalam menjaga kekayaan dan keindahan alam di kawasan danau.

Artikel terkait untuk dibaca



2 Belantara Indonesia Fans:

  1. thx gan infonya,
    kira" habis biaya berapa gan,

    BalasHapus
  2. pengen banget ke rinjani, tapi belum kesampaian bos www.rover-outdoor.com

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!