Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

9 Kesalahan Saat Berkemah

Sharing Yaa
Berkemah adalah sebuah kegiatan relaksasi penting untuk menyatukan unsur kekeluargaan. Disana Anda bisa berkomunikasi dan saling membantu dengan tulus karena dipagari alam. Tetapi semua hal tersebut bisa rusak karena berbagai hal. Dan berikut ini 9 kesalahan saat berkemah yang sebaiknya di hindari.

www.belantaraindonesia.org

1. Tidak menguji peralatan baru
Peralatan kemah yang baru bisa membantu atau justru menyusahkan acara berkemah Anda. Misalnya, Anda baru membeli gas potabel untuk memasak. Ternyata gas tersebut tidak berfungsi. Ini bisa jadi masalah karena Anda harus mencari bahan bakar lain untuk memasak.

Menurut Direktur Humas Parks Canada, Ed Jager, "Apapun yang Anda bawa untuk berkemah, seharusnya Anda mengetahui bagaimana cara menggunakannya dan memriksa semuanya berfungsi dengan baik. Mendirikan tenda baru, belajar bagaimana menggunakan panggangan dan menggunakan kantong tidur baru di belakang rumah sebelum memakainya di alam bebas. Ini hanya untuk memastikan semuanya tidak masalah dan tidak mengganggu acara berkemah Anda."

2. Menyimpan peralatan mandi dalam tenda
Menjaga dan membawa makanan ke dalam tenda bisa mengundang amarah teman satu tenda. Tidak hanya itu, ada produk lain yang bisa menarik perhatian hewan.

"Orang sering lupa membawa benda seperti pasata gigi dan sabun yang bisa menarik kedatangan serangga seperti nyamuk," kata Jager. Jauhkan semua produk dan perawatan ini aman terkunci di dalam mobil atau di dalam tas yang kering.

3. Sampai di lokasi kemping malam hari
Tiba di lokasi saat malam hari bisa - bisa menimbulkan kesulitan untuk Anda, terlebih tempat itu masih sangat asing. Cobalah untuk sampai saat siang hari dan mempunyai kesempatan utuk mencari kakus dan lahan untuk mendirikan tenda. Bila terjebak dalam masalah seperti ini, Jager menyarankan agar Anda membawa head lamp untuk menerangi jalan sehingga Anda bisa menyiapkan tenda dan peralatan lainnya.

4. Meremehkan cuaca
Banyak traveler yang tidak menggubris perkiraan cuaca harian. "Anda bisa melihat perkiraan cuaca, melihat kalau itu perlu atau tidak meninggalkan jas hujan di rumah. Atau membiarkan diri Anda terjebak dalam hujan," ungkap Jager.

Selalu persiapkan barang - barang yang bisa membantu Anda melewati badai, seperti hujan. Tetap perhatikan perkiraan cuaca.

5. Tidak membawa alat - alat ekstra
Tenda bocor atau kerusakan lain yang tak diduga bisa mengancam Anda saat berkemah. Tidak adanya perlengkapan ekstra bisa semakin mempersulit keadaan. Jadi, sebaiknya Anda mengemas perlengkapan ekstra yang bisa membantu membuat perbaikan saat kemping. Alat - alat tersebut, yaitu tali ekstra, tiang tenda ekstra, perlengkapan menjahit, lakban, ekstra tali sepatu, dan lain - lain.

6. Tidak menghemat makanan
Tidak menghemat makanan selama perjalanan dan berkemah adalah sebuah kesalahan besar. Misalnya, Anda terjebak dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk cepat pulang dan harus tinggal beberapa hati lagi di lokasi. Penghematan makanan sangat penting. Anda juga haus punya rencana B untuk mendapat makanan.

7. Lupa membawa perlengkapan P3K
P3K yang lengkap bisa menyelamatkan Anda dari kecelakaan dan hal - hal yang tidak diinginkan. Periksa kembali isi dan perlengkapan Anda, untuk mengganti obat yang sudah kedaluarsa dan memastikan semua yang Anda butuhkan. Gunakan daftar dari palang merah setempat sebagai panduan.

8. Tidak reservasi perkemahan terlebih dahulu
Seperti di hotel, Anda tidak akan mendapatkan kamar yang diinginkan tanpa reservasi terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk perkemahan, terutama di bulan - bulan musim liburan. Jika tidak membuat reservasi terlebih dahulu, bisa - bisa Anda tidak mendapatkan lahan untuk mendirikan tenda.

9. Terlalu mencari tantangan
Berkemah memang direncanakan untuk melatih beberapa tantangan. Tetapi, terlalu terperangkap dalam beberapa pekerjaan juga tidak baik. Anda bisa kehilangan beberapa kesenangan. Jalani semua pekerjaan yang mudah - mudah saat berkemah dan ini bisa membuat acara berkemah Anda bersama keluarga lebih menyenangkan.  src

Artikel terkait untuk dibaca



15 Belantara Indonesia Fans:

  1. bagus juga nih artikel nya..
    semoga kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

    BalasHapus
  2. menguji semua perlatan yang ada sebelum berangkta berkemah adalah hal yang sangat penting.

    BalasHapus
  3. semoga dengan begini kita akan lebih siap lagi dalam berkemah.

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  5. hmmmm. makasih atas infonya. jadi inget terakhir dulu camping pas masa2 SMP :D

    BalasHapus
  6. ok, thanks infonya. diupayakan menghindari 9 point ini ketika akan camping :) (cuma klo ngirit makanan rasny ni yang agak berat :D )

    BalasHapus
  7. ternyata membawa peralatan mandi bisa ngundang nyamuk.. baru tau saya om..

    BalasHapus
  8. kalo pengalaman saya sebaiknya kemah didekatkan dengan sumber air, agar tidak kerepotan mengangkatnya

    BalasHapus
  9. bagus banget iya mudah di mengerti kan aartikel nya :)

    BalasHapus
  10. kita harus dengarkan informasi yang ada di atas :)

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!