Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

4 Pendaki Gunung Cilik Yang Luar Biasa

Sharing Yaa
Mendaki gunung memang kegiatan yang menantang dan beresiko lebih tinggi di banding kegiatan adventure lain. Kegiatan pendakian gunung tidak selamanya di lakukan oleh para dewasa, pendaki cilik pun bisa melakukannya. Dan hal ini di buktikan oleh 4 pendaki gunung cilik, 3 dari luar negeri dan 1 dari Indonesia.

www.belantaraindonesia.org

3 dari luar negeri yakni Jack Anderson ( 6 ) asal Inggris, George Atkinson ( 16 ) juga asal Inggris, dan Jordan Romero ( 15 ) dari Amerika Serikat. Satunya lagi dari Indonesia, namanya Arya Cahya Mulyana Sugianto ( 8 ) asal Madura. Prestasi masing - masing bocah ini cukup mencengangkan. Lantas apa saja prestasi mereka?

Jack Anderson misalnya berhasil mencapai 15 puncak gunung tertinggi di Inggris, Skotlandia, dan Wales dalam setahun, di antaranya Scafell Pike ( 978 meter ) di Inggris, Ben Nevis ( 1.344 meter ) di Skotlandia, dan Snowdon ( 1.085 meter ) di Wales.

Tentu saja pendakiannya ditemani oleh Patrick, ayahnya yang juga seorang pendaki gunung beserta dua rekannya, Hebden Bridge dan West Yorks.

Tapi lucunya, bocah yang mulai tertarik mendaki gunung sejak berumur 5 tahun ini bukan karena ayahnya melainkan terinspirasi dari seorang sopir pengirim barang yang mengatakan bahwa salah satu hobinya ketika masih muda dulu adalah mendaki gunung.

Menurut Patrick, anaknya punya semangat mendaki gunung yang luar biasa sampai dia kesulitan memenuhi permintaannya mendaki gunung. “Jack punya energi tak terbatas dan seolah dia punya sayap dan benar - benar terbang,” ungkap ayahnya.

www.belantaraindonesia.org
Arya Di Merapi Bersama Ayahnya
Arya Cahya Mulyana Sugianto, pendaki gunung cilik asal Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, juga tak kalah mengagumkan. Setelah berhasil menggapai 10 puncak gunung di Indonesia selama setahun ( 2011 ), di antaranya Gunung Ceremai ( Jabar ), Slamet ( Jateng ), Sindoro ( Jateng ), Rinjani ( Lombok ), Agung ( Bali ), Arjuno ( Jatim ), dan Gunung Semeru ( Jatim ), bocah yang ketika itu tercatat sebagai siswa TK Nurul Hikmah di Pamekasan ini, tahun 2012 ini menargetkan akan mendaki sejumlah gunung es di mancanegara. Bahkan bocah cilik, anak dari pasangan suami istri Agus Sugianto dan Tri Yuli Mulyanti ini ingin menjadi Sang Raja Gunung!

Pepatah buah tak jatuh dari pohonnya itu berlaku buat bocah ini. Arya telah mendaki gunung sebelum dia bisa berjalan. Ayahnya yang juga pendaki, biasa mendaki gunung sambil menggendongnya saat dia masih berumur 8 bulan. Ketika berumur 3 tahun, bocah balita ajaib ini menolak digendong dan mendaki sendiri.

www.belantaraindonesia.org
Arya Dan Sherin Adiknya di Puncak Mahameru
 Meski perawakannya kurus, Arya dipuji memiliki ketahanan tubuh yang baik. Teman dan para gurunya juga mengakui Arya tergolong hobi terhadap kegiatan fisik, terutama jalan - jalan. 

Arya sendiri menjadi hobi mendaki tak lepas dari pengaruh kedua orangtuanya. Setiap 30 Desember ( malam pergantian tahun ), Agus dan Tri selalu naik ke Gunung Welirang. “Kebetulan tanggal itu adalah hari ulang tahun anak saya, dan itu selalu kami rayakan di puncak gunung,“ kata Agus. Dari kebiasaan ini, Arya pun ketagihan menjelajah gunung.

Lain lagi dengan prestasi Jordan Romero asal Big Bear, California. Dia tercatat sebagai pendaki termuda di dunia yang berhasil mendaki 7 gunung tertinggi ( Seven Summits ) di dunia saat berusia 15 tahun.

www.belantaraindonesia.org
Jordan Romero
 Sejak kecil remaja asal negeri Paman Sam ini sudah gemar mendaki. Sewaktu usianya 10 tahun, bocah berambut panjang ini sudah menjadi pendaki termuda yang meraih Gunung Kilimanjaro, puncak tertinggi Benua Afrika. Setahun kemudian, dia berhasil mendaki puncak Gunung Elbrus, di pegununggan Kaukasus Rusia pada Juli 2007. Tak lama kemudian, hanya berselang 5 bulan, dia mencapai puncak Gunung Aconcagua setinggi 6.969 meter di Argentina dan Gunung McKinley di Alaska setinggi 6.194 meter.

Pada 2009 lalu, saat usianya 13 tahun, Romero juga berhasil mendaki gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Cartensz Pyramid dengan ketinggian 6.194 meter. Dan kemudian, dia memecahkan rekor sebagai pendaki termuda puncak tertinggi di dunia yang berhasil menggapai puncak Gunung Everest ( 8.850 meter ), saat dia berusia 15 tahun.

Belum lama ini, Romero berhasil memecahkan rekor setelah mendaki puncak Gunung Vinson Massif di Antartika.

Rekor pendaki termuda sebelumnya dipegang oleh George Atkinson asal Inggris yang pada Mei silam menyelesaikan pendakian 7 puncak tertinggi di usia 16 tahun.

George Atkinson yang berasal dari Surbiton, Tenggara London, memulai pendakiannya di Gunung Kilimanjaro pada tahun 2005 dan selesai dengan mencapai puncak Gunung Everest pada 26 Mei 2011.

Keempat pendaki cilik itu sudah membuktikan bahwa pendakian gunung baik di kawasan tropis maupun bersalju, dapat dan aman dilakoni anak - anak, tentu dengan persiapan yang matang dan pemandu yang profesional.

Artikel terkait untuk dibaca



10 Belantara Indonesia Fans:

  1. hebat masih kecil udah mantap naik gunung,,,kalau ada yang ngedukung sih enak,,

    BalasHapus
  2. busyet dah gan hebat banget kecil kecil naik gunung kasih jempol deh

    BalasHapus
  3. hebat banget dekh,,,aku jadi ngiri sama 4 pendaki gunung ciliki tersebut,,,aku aja yang udah gede gini belum pernah mendaki gunung...

    BalasHapus
  4. wah hebat hebat bgt ya anak2 itu...
    kalah deh aku sama anak2 yg masih kecil good...

    BalasHapus
  5. siiip....
    keren abis deh...emg semua nya pada jago...

    BalasHapus
  6. wah hebat yah kalau gitu ... selamat yah buat .. semoga bisa menaklukan gunung2 yang lainnya :)

    BalasHapus
  7. wah, hebat banget yah masih kecil udah bisa mendaki gunung

    BalasHapus
  8. Sedikit iri! Tp.., sudahlah. Suppaaaa......

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!