Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Gunung Chimborazo

Sharing Yaa
Chimborazo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di pegunungan Andes di daerah Ekuador dengan ketinggian puncaknya 6,268.2 meter. Apa yang membuat Chimborazo begitu istimewa, selain menjadi lokasi tertinggi di Ekuador, adalah bahwa puncaknya adalah titik terjauh dari pusat bumi, dan bukan Gunung Everest yang dikenal sebagai puncak tertinggi. Hal ini disebabkan lokasi Chimborazo berada di sepanjang tonjolan Khatulistiwa planet ini.

www.belantaraindonesia.org

Bumi bukanlah bola yang sempurna. Planet bumi lebih "tebal" di sekitar Khatulistiwa daripada disekitar kutub. Chimborazo terletak satu derajat sebelah selatan Khatulistiwa, sementara Gunung Everest hampir 28 ° utara Khatulistiwa.

Meskipun puncak Chimborazo 2.580 meter lebih rendah dari puncak Everest ( 8.848 meter ) jika diukur dari atas permukaan laut, Namun puncak gunung Chimborazo  2,168 km lebih jauh dibandingkan puncak Everest, jika diukur dari pusat Bumi.

www.belantaraindonesia.org

Chimborazo bukan puncak tertinggi di Pegunungan Andes. Bahkan, beberapa puncak Andean serta gunung tertinggi Afrika, Kilimanjaro, jika diukur dari pusat bumi, maka tingginya akan melebihi atau lebih tinggi dari puncak Mt Everest.

Artikel terkait untuk dibaca



3 Belantara Indonesia Fans:

  1. pasti pemandangannya indah bukan main...
    jadi ngiler...

    BalasHapus
  2. Saya mengikuti posting blog ini sangat suka sekali gan,.. banyak pengetahuan yang bisa saya ambil mengenai alam, good luck...

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!