Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Fakta Unik Beberapa Hewan Dan Tumbuhan

Sharing Yaa
Di Bumi ini banyak terdapat hewan dan tumbuhan dengan aneka warna dan bentuk. Tetapi ada beberapa hewan dan tumbuhan yang memiliki fakta unik yang terkadang tidak kita ketahui atau kita sadari. Sebagai bahan pengetahuan, siapa tahu Anda menemukan salah satu dari hewan dan tumbuhan berikut ini saat di alam bebas.

TIKUS - Seekor tikus bisa masuk pada lubang sebesar bolpoin.
Pada bulan - bulan musim panas, tikus biasanya hidup di luar rumah dan menetap disana. Akan tetapi ketika suhu mulai mendingin, mereka biasanya masuk ke rumah kita mencari kehangatan. Oleh karena lunaknya tulang mereka dan kemampuan mereka untuk mengerat, sebuah lubang sebesar bolpoin ( sekitar 6mm / 1/4 inci ) bisa menjadi jalan bagi mereka untuk masuk.

www.belantaraindonesia.org

Setelah berada di dalam, mereka akan secara berkala mengerat hampir apapun, termasuk beton, timah, dan plastik. Hal ini untuk menjaga agar gigi mereka yang terus tumbuh tetap pada ukuran yang nyaman. Bertentangan dengan pendapat umumnya, tikus biasanya tidak suka keju – walaupun mereka kadang memakannya juga.

Tikus bisa melompat setinggi 46 cm ( 18 inci ), berenang, merayap dari atas ke bawah atau sebaliknya. Kalau ingin mencegah tikus masuk rumahmu, periksa semua lubang sebesar bolpoin – kalau ada, bisa menjadi jalan tikus untuk masuk.

KAMBINGTidak seperti makhluk pada umumnya, kambing memiliki mata segi empat.
Kita semua membayangkan bahwa pupil mata tentu memiliki bentuk bulat, karena bentuk itulah yang paling sering kita lihat ( pada manusia ). Akan tetapi kambing ( dan hampir semua hewan berkuku tunggal ) memiliki celah horizontal yang terlihat seperti segi empat.

www.belantaraindonesia.org

Hal ini menyebabkan kambing memiliki pandangan seluas 320 – 340 derajat; ini artinya mereka bisa melihat semua yang ada di sekelilingnya tanpa harus menengok ( manusia memiliki pandangan seluas 160 – 210 derajat saja ). Oleh karenanya pula, binatang dengan pupil segi empat bisa melihat lebih baik pada malam hari karena mereka memiliki pupil yang lebih lebar – yang bisa menutup dengan baik pada siang hari untuk membatasi cahaya yang masuk. Menariknya lagi, cumi - cumi juga memiliki mata segi empat.

KUDA -  Kuda tidak bisa melihat apapun yang berada tepat di depan mereka.

www.belantaraindonesia.org

Kuda memiliki pandangan yang luas ( juga mata yang paling besar dari seluruh mamalia darat ). Mereka bisa memandang seluas lebih dari 350 derajat. Tetapi mereka memiliki dua buah blind spot ( titik buta ), sebuah tepat di hadapannya dan sebuah tepat di belakang kepalanya. Secara mendetail, kuda juga buta warna merah dan memiliki rasio pandangan hanya sebesar 20 / 33 ( dibandingkan manusia normal 20 / 20 ).

TIKUS SAKIT
Tikus tidak bisa muntah atau bersendawa karena terbatasnya sekat antara dua perutnya dan ketidakmampuan mereka untuk mengontrol otot diafragma yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Begitu juga halnya dengan kelinci dan marmut. Ini yang menyebabkan tikus mudah keracunan ( yang biasanya sering dipakai untuk mengontrol populasi tikus ).

www.belantaraindonesia.org

Karena ketidakmampuan ini, seekor tikus biasanya akan mencuil sedikit makanan untuk mencicipi apakah makanan tersebut membuatnya sakit ( mereka tidak bisa muntah, tapi bisa merasakan bila ada hal yang tidak beres pada makanan ). Jika mereka tidak merasa mual, selanjutnya mereka akan menghabiskan sisanya. 

GORILLA - Nama ilmiah Gorilla adalah Gorilla gorilla gorilla

www.belantaraindonesia.org

Untuk lebih jelasnya, ini adalah nama ilmiah dari Gorila Dataran Rendah Barat ( tipe ini yang paling sering dilihat di kebun binatang dan yang paling umum ). Karena beberapa alasan, seringkali nama - nama gorila ini bercampur - baur. Maka, kalau seandainya bukan Gorilla gorilla gorilla, pasti namanya adalah Gorilla gorilla diehli, atau Gorilla berengei berengei atau Gorilla berengei graurei.

ANGSA -  Seekor angsa bisa mematahkan lengan manusia.
Lain kali jika kamu sedang memberi makan seekor angsa yang cantik, kemudian ingin menepuk punggungnya dengan lembut, jangan kamu lakukan! Angsa sangat protektif terhadap anak - anaknya dan mereka akan menggunakan sayapnya yang sangat kuat untuk mengusir anjing ( dan terkadang juga manusia ).

www.belantaraindonesia.org

Mereka memiliki bentang sayap sepanjang 2.75 meter ( sekitar 9 kaki ). Pada tahun 2001 seorang pemuda Irlandia mengalami patah lengan ketika mencoba membuat seekor angsa marah. Pada tahun berikutnya, seseorang juga mengalami hal yang sama.

LABA - LABA - Kalau kamu menjatuhkan seekor tarantula, ia langsung pecah.
Sebelumnya, kecuali jika kamu alergi terhadap racun laba - laba, mereka umumnya tidak berbahaya bagi manusia ( meskipun memiliki gigitan yang menyakitkan ). Beberapa tarantula bisa menembakkan "rambut" dari kaki mereka yang bisa melukai kulit manusia dan menyebabkan rasa tidak sangat nyaman.

www.belantaraindonesia.org

Kembali pada fakta aneh, tarantula memiliki eksoskeleton ( artinya kerangkanya berada di luar tubuh ) seperti pada sebagian jenis udang dan kepiting. Mereka akan menanggalkan eksoskeletonnya secara berkala – biasanya dengan menggeletak di atas punggungnya. Ketika mereka sedang menanggalkan eksoskeletonnya, sebaiknya jangan didekati, karena mereka akan menyerang apapun sebab kondisinya yang sedang lemah. Karena eksoskeletonnya sangat mudah pecah, seandainya kamu menjatuhkan seekor tarantula meskipun rendah saja, ia akan pecah dan mati.

BIJI PALA BERACUN
Pala mengandung bahan kimia halusinigenik yang biasa dipakai untuk membumbui berbagai makanan seperti tart custard atau cake buah - buahan. Racun ini bisa membunuh jika dimakan hingga menderita mual yang sangat hebat ( satu atau dua biji tidak membuat mual hebat ).

www.belantaraindonesia.org

Memakan 2 gram biji pala hampir sama efeknya dengan menenggak amphetamine ( tanpa membuat mual yang hebat ), tapi tetap mengakibatkan rasa mual, panas dingin, juga sakit kepala. Memakan 7.5 gram menimbulkan kejang - kejang, dan menelan 10 gram biji pala bisa menimbulkan halusinasi.

Jika memakan seluruh bijinya bisa menimbulkan keracunan pala yang menyebabkan kematian, kelumpuhan, dan turbulensi hebat. Pernah dilaporkan ada 2 kejadian kematian akibat keracunan biji pala ( pada tahun 1908 dan tahu 2001 ). 

DAUN YANG MENARI - Tanaman Telegraf bisa bergerak tak beraturan, meskipun tanpa angin
Tanaman Telegraf biasanya adalah tumbuhan tropis yang biasanya ditemukan di Asia, terkadang juga di Pasifik Selatan. Tumbuhan ini bisa menggoyangkan daunnya secara ajaib ( berputar pada pangkalnya, atau menyentak keatas kebawah ).

www.belantaraindonesia.org

Ada beberapa tumbuhan lain yang memiliki gerakan tak beraturan juga seperti kantung semar, akan tetapi tumbuhan ini yang paling eksotis dan jarang dikenal. Supaya diketahui, yang dimaksud dengan tak beraturan bukan berarti gerakan yang sangat cepat, tetapi cukup bisa dilihat dengan mata telanjang.

KUMBANG PEMBOM - Kumbang Pembom menyemburkan cairan mendidih sebagai mekanisme pertahanannya.

www.belantaraindonesia.org

Kumbang Pembom yang sangat komplek ini memiliki kemampuan yang sangat unik; ketika terpojok, ia bisa menyemburkan cairan mendidih dari abdomennya lebih dari 70 kali. Cairan ini adalah kombinasi dari hidrogen peroksida dan hidroquinon yang tercampur dalam abdomen kumbang melalui reaksi kimia. Cairan ini mematikan bagi serangga dan makhluk kecil, dan sangat menyakitkan bagi manusia.  source

Artikel terkait untuk dibaca



6 Belantara Indonesia Fans:

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!