Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Rahasia Sholat Tahajud

Sharing Yaa
Sholat Tahajud, adalah Sholat yang dikerjakan oleh kaum Muslim pada tengah malam setelah tidur walau hanya tidur sekejap. Tentu Sholat tersebut harus dikerjakan dengan ribuan niat karena tidak mudah kita melakukannya pada keadaan tengah malam saat mata masih mengantuk. Apakah kebaikan dan kelebihan yang kita peroleh dari mengerjakan Sholat Tahajud sementara yang lain sedang nyenyak tidur?

www.belantaraindonesia.org

Dari sisi logis, mungkin kita tidak mengerti bahwa perintah Allah itu mendatangkan kebaikan. Sesungguhnya Sholat Tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain - lain. Kemudian dari sisi sains pengobatan, kita akan menyedot oksigen di atmosfer Bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit Matahari dan menggerakkan otot - otot di dalam badan kita yang akan menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah ditubuh kita.

Kedua hal tersebut, yaitu oksigen dan gerakan otot sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oksigen akan hilang dari atmosfer bumi selepas Matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut.

Coba kita kaji pergerakan otot - otot kita ketika sholat. Secara kasar, pertama kita berdiri tegak ( qiyam ) kemudian mengangkat kedua tangan bertakbir dan meletakkan tangan di atas dada – kita telah membesarkan rongga dada kita sehingga paru - paru akan terasa lapang serta menggerakkan otot di kedua belah tangan.

Ketika ruku’ dengan badan membungkuk ke depan dan kedua tangan di atas kepala lutut dan punggung mendatar ( parallel to the ground ) sekaligus menggerakkan ruas - ruas tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan tulang tungkai.

Ketika sujud, seluruh berat badan tertumpu sepenuhnya di atas otot - otot kedua tangan, kaki. Dada, perut, punggung, leher dan otot - otot kaki. Lihat saja pada waktu sujud ini berapa banyak otot dan persendian yang kita gerakkan.

Setelah itu kita bangkit dari sujud. Kita duduk, kemudian kita sujud lagi dan sesudah itu kita berdiri kembali. Dalam gerakan badan kali ini secara automatik kita telah menggerakkan sejumlah besar otot - otot di dada , bahu, lengan, perut, punggung, paha, kaki bagian bawah dan otot - otot lainnya.

Selain itu kita juga melakukan dua jenis duduk – pertama duduk antara dua sujud dan kedua duduk tahiyat. Kedua jenis duduk ini menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari - jari kaki dan lain - lain.

Ketika kita memberi salam, kita menggerakkan otot - otot leher tengkuk dan lain - lain. Kalau kita lihat dari dua hal di atas yaitu menghirup oksigen yang istimewa dan gerakan otot - otot yang semuanya itu sudah tentu akan menyehatkan tubuh kita. Sholat Tahajud bisa juga menjauhkan penyakit pinggang yang selalu menyerang orang yang banyak tidur dan bangun lewat dari tidur malam.

“dan pada sebagian malam hari bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: Mudah - mudahan Tuhan - mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” ( QS Al-Isra’; 79 )

"sesungguhnya orang - orang yang bertaqwa ada di dalam surga dan dekat dengan air yang mengalir. Sambil mengambil apa yang diberi oleh tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ini di dunia adalah orang - orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir - akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” ( QS Az-Zariat; 15 - 18 )

Artikel terkait untuk dibaca



10 Belantara Indonesia Fans:

  1. sungguh luar biasa manfaatnya,,,,selain itu juga rejeki dan ketenangan hati akan kita dapatkan kalau kita sholat tahajud...

    BalasHapus
  2. suhanallah memang luar biasa gan mengenai solat taajud tapi saya sendiri masih gimana gitu gan masalhnya yang lima waktunya juga masih sering bolongg.....

    BalasHapus
  3. alhamdulilah.klo saya habis solat tahajud: hati saya jadi tenang. dan rezeki pun terasa gampang...

    BalasHapus
  4. alhamdulilah: dengan sholat tahajud tuhan slalu memberikan jalan disa'at saya sedang terpuruk....

    BalasHapus
  5. subhan'allah: dengan sholat tahajud saya merasa' bahwa memang benar allah itu selalu ad di samping umat'nya.umat yang berada di jalan'nya....

    BalasHapus
  6. mantap shalat tahajud memang banyak sekali manfaatnya sob :D

    BalasHapus
  7. smoga kita termasuk orang2 yang slalu mengerjakan tahajud amiiin

    BalasHapus
  8. Nah teman2 agar lebih khusyu sholat tahajudnya, bisa mengenakan Mukena Cantik Meidiani sebagai sahabat ibadah.
    Salam.

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!