Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Apakah Manusia Bisa Berjalan Di Atas Air?

Sharing Yaa
Selama ini berjalan di atas air menjadi kisah penuh keajaiban yang hanya bisa dilakukan oleh berilmu tinggi. Sebutlah misalnya pendekar - pendekar Wushu dengan ilmu meringankan tubuh, atau yang tercatat di kitab suci umat Kristen misalnya Nabi Isa, atau Yesus beberapa kali menunjukkan mukjizat ini.

www.belantaraindonesia.org

Dari segi ilmiah, sebenarnya siapa pun bisa berjalan di atas air. Bagaimana caranya? Yang dibutuhkan hanyalah cairan non-Newtonian. Cairan ini bersifat membentuk kepadatan di atas cairan di bawahnya, sehingga benda yang ada di atasnya akan mengapung walau berat jenisnya lebih besar.

Cairan non-Newtonian bisa dengan mudah dibuat dari campuran tepung maizena dan air. Sebagai percobaan, isi mangkuk dengan air lalu tuang campuran tepung maizena tadi. Saat kita mendaratkan pukulan keras ke atasnya, ajaib... kita tidak bisa menembusnya. Namun, kalau pelan - pelan memasukan jari ke dalam mangkok, maka kita bisa menembus tanpa kesulitan.

Hal ini pernah diuji coba di Arthurs Middle School di Trenton, Michigan. Sekelompok siswa, guru, dan orang tua murid membawa tepung maizena dan mencampur ke atas air. Dilaporkan, ada sekitar 500 kg tepung dituang ke atas kolam. Setelah selesai, anak - anak bebas berlarian, menari, melompat tanpa tenggelam.

Eksperimen ini sempat populer di Amerika dan tampil di acara Ellen DeGeneres ( host: Steve Spangler ). Di studio disiapkan kolam kecil berisi larutan tepung maizena. Lalu seorang wanita dari penonton mencoba berjalan di atasnya. Luar biasa, ia tidak tenggelam.

Nah, mau mencoba? Jujur saya belum melakukan eksperimen serupa di atas kolam. Karena tak punya kolam renang dan butuh ratusan kilogram tepung maizena agar berhasil.  source

Artikel terkait untuk dibaca



9 Belantara Indonesia Fans:

  1. jadi dengan seperti itu bisa meringankan beban diatas air sehingga bisa seperti mengapung diatas air

    BalasHapus
  2. hehemm ...hebat sekali ini,,,penelitian mereka memang selalu mebawa pengetahuan terbaru,,
    ternyata kita orang bisa juga bsia berjalan diatas air..

    BalasHapus
  3. ini bneran ga ?
    coba mas coba dulu biar lebih yakin :)

    BalasHapus
  4. loh bisa toh emg kalo begitu? jadi pengen coba nih kali aja berhasil :D

    BalasHapus
  5. Apakah Mungkin, para pesulap seperti Dedy Corbuzier yang pernah melakukan trik berjalan diatas air mengunakan tepung maizena,,,,jadi ketauan deh Trik nya....

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!