Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

8 Binatang Berbahaya Dan Mematikan

Sharing Yaa
Bila Anda seorang penggiat petualangan yang menyukai keluar masuk hutan hujan topis lebat, maka nyamuk Malaria adalah hewan yang di khawatirkan dan di waspadai. Tetapi masih ada 8 binatang lain yang tak kalah berbahaya dan menakutkan yang bisa tiba - tiba hadir merusak kegiatan petualangan Anda.

Ahli virus sekaligus pembawa acara 'Bite Me' di National Geographic, Dr Mike Leahy mengungkap 8 binatang membahayakan yang bisa merusak kegiatan petualangan Anda bahkan hidup Anda setelahnya, dilansir dari CNNGo.

1. Cacing Loa - loa
Seekor serangga di Afrika bisa menggigit Anda dan meninggalkan bakteri yang nantinya jadi cacing di bola mata manusia. Meski aksinya terdengar menyeramkan, binatang ini tergolong tidak berbahaya. Loa - loa tak berpotensi membunuh dan efeknya tidak akan sampai membuat Anda buta.

www.belantaraindonesia.org

Cacing yang ada di mata bisa dibuang tanpa merusak sistem yang ada di bola mata penderita. Namun ada baiknya jika tak tergigit loa - loa. Jadi, jika Anda berencana berlibur ke pedalaman Afrika, gunakan baju yang tertutup. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan losion pengusir serangga dan nyamuk.

2. Kumbang Assasin
Assassin bug atau kumbang pembunuh akan mendatangi para petualang yang sedang tidur. Bentuknya seperti kumbang berwarna hitam. Mereka mendatangi manusia dengan mendeteksi karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh. Serangga ini menggigit tanpa terdeteksi, tak ada rasa sakit.

www.belantaraindonesia.org

Ia akan menyebar parasit melalui bibir dan kelopak mata Anda. Setelahnya, ada parasit yang masuk ke dalam jaringan darah dan merusak sistem otot manusia. Penyakit yang dibawa serangga ini bernama chagas dan bisa membunuh perlahan. Kebanyakan meninggal karena gagal jantung. Binatang ini berada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

3. Lalat Botflies
Botflies adalah serangga culas yang membahayakan. Ia tidak mendatangi Anda dan meninggalkan larva, namun ia menempelkan larva di serangga lain yang mungkin Anda anggap tak berbahaya. Jika serangga yang sudah 'dibekali' larva hinggap di tubuh Anda, siap - siap lari ke dokter.

www.belantaraindonesia.org

Larva ini masuk ke dalam pori - pori dan menghancurkan daging secara perlahan. Meski tidak mematikan, efeknya sangat menyakitkan. Kebanyakan dokter langsung mengamputasi bagian yang sudah dirusak larva. Serangga ini berada di Amerika Selatan dan cara terbaik untuk menghindari botflies adalah dengan memakai pakaian tertutup.

4. Ubur - ubur Irukandji
Hati - hati jika berenang di pantai timur Australia seperti Queensland, karena ada ubur - ubur berbahaya. Ubur - ubur ini kecil dan cenderung transparan sehingga sulit terlihat saat berenang. Anda mungkin takkan merasa sengatannya karena memang tidak sakit.

www.belantaraindonesia.org

Namun yang bahaya adalah sakit yang akan diderita setelah disengat. Ubur - ubur ini mampu menimbulkan sakit yang tak tertahankan sesaat setelah disengat. Kebanyakan korbannya langsung dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah kena sengatan irukandji.

5. Banana Spider
Laba - laba besar dan berbulu ini pantas untuk ditakuti. Hewan yang tinggal di Brazil ini memiliki nama lain banana spider atau laba - laba pisang. Yang berbahaya tentu saja, gigitannya.

www.belantaraindonesia.org

Gigitan binatang ini bisa menyebabkan kematian karena racunnya yang membahayakan. Setelah digigit, luka akan semakin besar dan parah seiring timbulnya nanah dan rusaknya sistem otot di tubuh. Jarang sekali dokter atau rumah sakit yang mampu mengembalikan bentuk bagian yang sudah tergigit laba - laba ini.

6. Bloodworm
Binatang seperti lintah ini cukup berbahaya dan mematikan. Bloodworm adalah lintah berwarna merah yang hidup di sungai jernih di pedalaman Afrika dan Amerika Selatan. Binatang ini akan otomatis mendatangi makhluk berdarah panas seperti manusia saat mereka berenang di perairan sana.

www.belantaraindonesia.org

Tanpa disadari, lintah itu akan masuk ke dalam kulit dan menjalar ke dalam tubuh. Kebanyakan orang meninggal karena lintah tersebut beranak pinak di dalam tubuh dan merusak organ di dalamnya. Ada lebih dari 200 juta orang yang sudah terkena bloodworm dan kebanyakan dari mereka berakhir tragis.

7. Lalat pasir
Lalat pasir berada di beberapa tempat dan mengakibatkan beberapa penyakit. Di Selandia baru, lalat pasir akan mengakibatkan rasa gatal yang menyakitkan. Di Amerika Selatan, lalat pasir bisa membuat hidung dan mata Anda dirusak oleh bakteria yang dibawa oleh mereka.

www.belantaraindonesia.org

Begitu pula dengan di kawasan tinggalnya suku Indian, lalat pasir memiliki efek yang sama, bahkan mematikan. Lalat ini sungguh kecil, ia bisa melewati kelambu tanpa kesulitan dan ia tidak berisik. Hal yang paling mungkin dilakukan untuk menghindari serangga ini adalah tidur dengan pakaian tertutup dan hindari tidur di pasir.

8. Ikan Candiru
Inilah mengapa Amazon sangat eksotis, juga berbahaya. Di perairan Amazon, Brazil, tinggal seekor ikan mematikan yang akan menyedot darah Anda. Ia akan masuk ke dalam tubuh orang yang mandi, kencing atau melakukan aktivitas lain di Sungai Amazon.

www.belantaraindonesia.org

Binatang ini tertarik dengan urine dan akan masuk melalui jalur keluarnya urine. Sebelum menyedot habis darah di tubuh manusia, ikan ini sangat kecil dan itulah yang membuat ikan ini bisa masuk dengan leluasa. Setelah masuk, ia akan semakin membesar setara dengan darah yang disedot. Kebanyakan orang yang terkena tak sempat diselamatkan karena ikan ini sangat ganas memakan daging di dalam tubuh manusia. source

Artikel terkait untuk dibaca



3 Belantara Indonesia Fans:

  1. ihh ngeri-ngeri semua, kecil-kecil mematikan.....

    BalasHapus
  2. Apa binatang-binatang tersebut terdapat juga di kawasan Asia?

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!