Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Tari Tor Tor Di Bajak Malaysia

Sharing Yaa
Malaysia negara tetangga lagi - lagi berulah, Tari Tor Tor yang berasal dari Mandailing Sumatera Utara di klaim atau di bajak Malaysia sebagai warisan Budaya negara tersebut. Sebenarnya bosan mendengar berita ulah Malaysia, tetapi sebagai pemilik budaya tinggi seperti tari Tor  Tor, kita wajib membelanya.

www.belantaraindonesia.org

Menurut kantor berita Malaysia Bernama melaporkan bahwa Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim akan mendaftarkan Tari Tor Tor dan alat musik Gondang Sambilan ( Sembilan Gendang ) dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

Tetapi ( pengiktirafan ini ) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai,” kata Rais dalam acara peresmian Perhimpunan Anak - Anak Mandailing di Kuala Lumpur sebagaimana diberitakan situs Bernama, Kamis 14 Juni 2012.

Seprti yang kita ketahui Tari Tor Tor merupakan tarian khas Masyarakat Sumatera Utara sebagai salah satu bagian dalam upacara - upacara adat untuk menghormati para leluhur. Sedangkan Suku Mandailing merupakan salah satu suku di Sumatera Utara yang berada di wilayah Indonesia.

Seharusnya pemerintah Malaysia harus bisa menghargai dari mana asal usul tarian tersebut tiba ke Malaysia dan jangan asal mengklaim bahwa tarian tersebut asli dari Negara Malaysia. Beacon Payday Loans

Artikel terkait untuk dibaca