Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

5 Kota Tertua Di Indonesia

Sharing Yaa
Indonesia dan lagi tentang Indonesia, negara kaya akan alam dan budaya yang seharusnya menjadi kebanggaan rakyatnya. Dimana lagi kita akan mudah menemui alam dan budaya yang maha hebat selain di Indonesia? Tidak ada habisnya kalimat menguntai pujian untuk Indonesia. Dan kini di Indonesia tersusun 5 kota tertua yang pada dasarnya menjadi sebuah museum aktif negara ini.

1. PALEMBANG 17 JUNI 683 M
Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.

www.belantaraindonesia.org

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibukota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke - 9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya".

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang, yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 682 Masehi, menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ( "Venesia dari Timur" ).

2. MAGELANG 11 APRIL 907 M
Kota Magelang adalah salah satu kota di provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di tengah - tengah kabupaten Magelang. Karena memang dulunya Kota Magelang adalah ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapat kebijakan untuk mengurus rumah tangga sendiri sebagai sebuah kota baru. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang - Yogyakarta.

www.belantaraindonesia.org

Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta. Kota Magelang terdiri atas 3 kecamatan, yakni Magelang Utara, Magelang Selatan dan Magelang Tengah , yang dibagi lagi sejumlah kelurahan.

Hari Jadi Kota Magelang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, bahwa tanggal 11 April 907 Masehi merupakan hari jadi. Penetapan ini merupakan tindak lanjut dari seminar dan diskusi yang dilaksanakan oleh Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Magelang bekerjasama dengan Universitas Tidar Magelang dengan dibantu pakar sejarah dan arkeologi Universitas Gajah Mada, Drs.MM. Soekarto Kartoatmodjo, dengan dilengkapi berbagai penelitian di Museum Nasional maupun Museum Radya Pustaka-Surakarta.

www.belantaraindonesia.org

Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Mantyasih sendiri memiliki arti beriman dalam Cinta Kasih. Di kampung Meteseh saat ini terdapat sebuah lumpang batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

Untuk menelusuri kembali sejarah Kota Magelang, sumber prasasti yang digunakan adalah Prasasti POH, Prasasti GILIKAN dan Prasasti MANTYASIH. Ketiganya merupakan parsasti yang ditulis di atas lempengan tembaga.

Parsasti POH dan Mantyasih ditulis zaman Mataram Hindu saat pemerintahan Raja Rake Watukura Dyah Balitung ( 898 - 910 M ), dalam prasasti ini disebut - sebut adanya Desa Mantyasih dan nama Desa Glangglang. Mantyasih inilah yang kemudian berubah menjadi Meteseh, sedangkan Glangglang berubah menjadi Magelang.

Dalam Prasasti Mantyasih berisi antara lain, penyebutan nama Raja Rake Watukura Dyah Balitung, serta penyebutan angka 829 Çaka bulan Çaitra tanggal 11 Paro - Gelap Paringkelan Tungle, Pasaran Umanis hari Senais Sçara atau Sabtu, dengan kata lain Hari Sabtu Legi tanggal 11 April 907.

Dalam Prasasti ini disebut pula Desa Mantyasih yang ditetapkan oleh Sri Maharaja Rake Watukura Dyah Balitung sebagai Desa Perdikan atau daerah bebas pajak yang dipimpin oleh pejabat patih. Juga disebut - sebut Gunung SUSUNDARA dan WUKIR SUMBING yang kini dikenal dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

www.belantaraindonesia.org

Begitulah Magelang, yang kemudian berkembang menjadi kota selanjutnya menjadi Ibukota Karesidenan Kedu dan juga pernah menjadi Ibukota Kabupaten Magelang. Setelah masa kemerdekaan kota ini menjadi kotapraja dan kemudian kotamadya dan di era reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas - luasnya kepada daerah, sebutan kotamadya ditiadakan dan diganti menjadi kota.

Ketika Inggris menguasai Magelang pada abad ke 18, dijadikanlah kota ini sebagai pusat pemerintahan setingkat Kabupaten dan diangkatlah Mas Ngabehi Danukromo sebagai Bupati pertama. Bupati ini pulalah yang kemudian merintis berdirinya Kota Magelang dengan membangun Alun - alun, bangunan tempat tinggal Bupati serta sebuah masjid. Dalam perkembangan selanjutnya dipilihlah Magelang sebagai Ibukota Karesidenan Kedu pada tahun 1818.

Setelah pemerintah Inggris ditaklukkan oleh Belanda, kedudukan Magelang semakin kuat. Oleh pemerintah Belanda, kota ini dijadikan pusat lalu lintas perekonomian. Selain itu karena letaknya yang strategis, udaranya yang nyaman serta pemandangannya yang indah Magelang kemudian dijadikan Kota Militer: Pemerintah Belanda terus melengkapi sarana dan prasarana perkotaan. Menara air minum dibangun di tengah - tengah kota pada tahun 1918, perusahaan listrik mulai beroperasi tahun 1927, dan jalan - jalan arteri diperkeras dan diaspal.

3. JAKARTA 22 JUNI 1527
Daerah Khusus Ibukota Jakarta ( DKI Jakarta, Jakarta Raya ) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu - satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa ( sebelum 1527 ), Jayakarta ( 1527 - 1619 ), Batavia / Batauia, atau Jaccatra ( 1619 - 1942 ), dan Djakarta ( 1942 - 1972 ).

www.belantaraindonesia.org

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² ( lautan: 6.977,5 km² ), dengan penduduk berjumlah 9.607.787 jiwa ( 2010 ). Wilayah metropolitan Jakarta ( Jabotabek ) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia.

4. SEMARANG 2 MEI 1547

www.belantaraindonesia.org

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Semarang merupakan kota yang dipimpin oleh wali kota Drs. H. Soemarmo HS, MSi dan wakil wali kota Hendrar Prihadi, SE, MM. Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 624 km sebalah barat daya Banjarmasin ( via udara ). Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.

5. MEDAN 1 JULI 1590

www.belantaraindonesia.org

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata Orangutan di Bukit Lawang, Danau Toba. source

Artikel terkait untuk dibaca



15 Belantara Indonesia Fans:

  1. Palembang ternyata kota tua ya...??
    kirain jakarta lebih tua..!!

    BalasHapus
  2. ternyata palembang masuk yah,,kelima itu benar2 kota besar dan ternyata tertua juga

    BalasHapus
  3. Surabaya belum masuk tuh, lahir 31 Mei 1293, bahkan lebih tua dari nomor 3,4,5... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan hari ulang tahun Kota Surabaya itu
      terjadi sejak tahun 1975. Artinya pada tahun
      1974, Surabaya masih memperingati HUT ke
      68 pada tanggal 1 April 1974. Setahun
      kemudian, pada tahun 1975, HUT itu berubah
      menjadi tanggal 31 Mei dan serta merta
      Surabaya menjadi sangat tua, yakni berusia
      682 tahun waktu itu.

      Hapus
  4. Kota Salatiga kan kota tua zaman prasati plumpungan lho wah piye tho kok dilalaeke

    BalasHapus
  5. bogor ko ga masuk ya.

    BalasHapus
  6. Fotonya digambar artikelnya itu bagus yah...
    keliatan banget udah jaman dulu nya :)
    keren gan , pengetahuan yang menarik..
    jangan lupa blogwalking balik ya ..
    sukses selalu...

    BalasHapus
  7. bearti sudah lama banget bangunan nya,


    terima kasih banyak ilmu yang anda berikan :)

    BalasHapus
  8. artikel yang menambah wawasan dan bermanfaat makasih

    BalasHapus
  9. Surabaya lebih tua tuh dari nmr 3 dan lainnya tahun 1923. Artikel asal copas ni

    BalasHapus
  10. oon bgt. sejarah udh di belokkan. jelas jelas kota tua itu Barus, dipesisir pantai barat Tapanuli yg skrng dekat sibolga. Horas bah! malah ditulis nomer 5 lagi!

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!