Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

4 Kota Besar Terbersih Di Indonesia

Sharing Yaa
Empat kota di Indonesia, Malang, Manado, Balikpapan dan Yogyakarta dinyatakan sebagai kota besar terbersih sehingga mereka layak mendapat penghargaan Adipura 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup yang di berikan secara langsung oleh Presiden RI. Sebuah hal yang membanggakan dan layak di jadikan acuan bersih bagi kota - kota lainnya di Indonesia.

www.belantaraindonesia.org
Yogyakarta
Dalam jumpa pers di Yogyakarta, Senin 4 Juni 2012, Kepala Bidang Keindahan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono menjelaskan, empat kota yang dinyatakan Kota Besar Terbersih tersebut memiliki sejumlah kriteria.

Antara lain, pengolahan sampah dengan penerapan 3R ( Reuse, Reduce, Recycle ), pengendalian pencemaran air, keteduhan atau penghijauan, serta koordinasi antar sektor yang melibatkan peran aktif masyarakat.

www.belantaraindonesia.org
Tugu Kota Malang
Agus menjelaskan, penghargaan Adipura ini merupakan kebanggaan sendiri karena mampu mempertahankan piala tersebut hingga tahun ini. Bahkan keberhasilan lain yang diperoleh Kota Yogyakarta adalah mendapat nilai terbaik untuk Terminal Terbaik Terbersih dan Pasar Terbaik Terbersih.

Ketika disinggung tentang pengelolaan lingkungan hidup di Yogyakarta, persoalan utama yang dihadapi adalah mengubah mindset masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Kalau untuk pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, pengelolaan air, dan udara memang masih perlu untuk evaluasi lagi. Namun, yang menjadi target utama saat ini justru kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata Agus.

www.belantaraindonesia.org
Balikpapan
Kesadaran masyarakat tersebut dicontohkannya, membiasakan masyarakat untuk memilah sampah, tidak merokok sembarang tempat, menjaga kualitas air, dan menanam tumbuhan hijau.

Untuk meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, pemerintah juga membuat buku Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah ( SLHD ). Buku ini sangat membantu karena dapat mengetahui kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta berupa lingkungan, air, udara, lahan, kegiatan industri yang mengakibatkan pencemaran.

Informasi flora - fauna dan peraturan daerah tentang lingkungan serta SDM yang bergerak di dalamnya dapat juga terliput dalam buku tersebut. “Buku SLHD ini sangat efektif untuk digunakan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Berkat buku ini kami juga berhasil mendapat penghargaan dari Kemen LH,” tambahnya.

www.belantaraindonesia.org
Manado
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Eko Suryo Maharsono menambahkan, Adipura yang diterima oleh Kota Yogyakarta bukan semata - mata hanya penghargaan. Namun, merupakan pemantik untuk terus melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara baik dan benar.

Kami ingin masyarakat juga terlibat aktif dalam pengelolaan lingkungan ini. Lingkungan menjadi tanggungjawab bersama,” kata Eko. National Geographic

Artikel terkait untuk dibaca



4 Belantara Indonesia Fans:

  1. indah dan bersihnya,,pantesan mereka dijului sebagai kota terbersih,,sayang sekali kota ku tidak masuk,,hiks,,

    BalasHapus
  2. wah selamat yah buat 4 kota yang terpilih jadi kota besar yang bersih, kalau bisa dipertahankan...

    BalasHapus
  3. salut dah buat 4 kota bessar yang udah mendapatkan penghargaan adipura.....

    BalasHapus
  4. info yang sangat bgus sekali,, sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!