Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Tips Bertahan Hidup Di Alam Bebas

Sharing Yaa
Bertualang di alam bebas, mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan positif yang banyak digemari. Saat menelusuri tebing dan jalan berliku, kemudian mampu menggapai puncak adalah kenikmatan yang sulit dicari bandingannya. Tetapi ketakutan paling besar adalah saat tersesat dan terpisah dari rombongan. Apa yang harus kita lakukan?

www.belantaraindonesia.org

Kuncinya hanya bertahan hidup dengan mengandalkan diri sendiri, persedian barang bawaan, dan alam. Dan cobalah ikuti tips bertahan hidup di alam bebas berikut ini.

JANGAN PANIK
Hal ini menjadi yang utama saat Anda mulai tersesat. Jangan panik dan tetaplah fokus pada jalan di depan Anda. Jika Anda panik dengan teriak - teriak atau hanya menangis di tempat, maka hal itu tidak akan menghasilkan apa pun.

Saat Anda tersesat dan harus bertahan hidup, tenangkan diri, ambil nafas yang panjang dan kuatkan mental Anda. Memang, situasi saat bertahan hidup sangat mencekam dan bahkan mengerikan. Tapi, Anda sangat butuh pikiran tenang dan hadapi dengan pikiran yang positif.

CEK BARANG BAWAAN
Lihat kembali barang - barang bawaan Anda, seperti makanan dan minuman, senter, jaket, hingga telepon seluler. Anda harus bisa menggunakan barang bawaan tersebut secara benar dan tepat.

Berpikirlah lebih kreatif dan teliti dalam menggunakan barang-barang Anda untuk bertahan hidup. Anda bisa menggunakan jaket untuk alas tidur, botol minum bekas untuk menampung air hujan dan mengambil air sungai untuk diminum.

PELAJARI LINGKUNGAN SEKITAR
Mempelajari lingkungan sekitar juga tidak kalah pentingnya saat bertahan hidup di gunung. Carilah perbukitan atau area terbuka agar dapat melihat tanda - tanda alam seperti bukit, gunung atau tebing yang Anda kenali sebagai orientasi arah. Lembah biasanya berarti ada aliran sungai, Anda bisa mencari air untuk minum.

Saat bermalam, tidurlah di tempat yang lebih tinggi untuk menghindarkan diri dari binatang buas. Jangan tidur di tepi sungai, karena hewan liar kerap kali turun minum pada malam hari.

COBA BERKOMUNIKASI
Ponsel menjadi barang utama yang harus Anda perhatikan. Begitu Anda hilang atau tersesat, segera cek sinyal ponsel dan baterai. Kalau ada sinyal, segera beritahu rekan - rekan atau pihak lain yang bisa mencari pertolongan. Gunakan telepon seperlunya, hemat baterai ponsel untuk keperluan menelepon yang sangat penting.

Jika ponsel sudah tidak bisa digunakan, Anda bisa mencoba memberi tanda dengan membuat asap dari ranting kayu dan daun kering. Carilah tempat yang agak terbuka agar asap yang Anda buat bisa membumbung tinggi.

TINGGALKAN JEJAK
Saat bertahan hidup di alam bebas, Anda harus terus berjalan untuk mancari jalan keluar atau bertemu dengan pendaki lain. Oleh karena itu, tinggalkanlah jejak Anda saat mencari jalan keluar.

Meninggalkan jejak bisa dengan cara menyobek baju dan mengikatkannya di ranting - ranting pohon, mengikat slayer di pohon, atau meninggalkan benda - benda Anda seperti baju atau celana yang dapat dikenali oleh teman Anda yang melakukan pencarian atau tim SAR. Jika Anda membawa pulpen atau spidol, tulis nama Anda pada benda - benda yang akan ditinggalkan sebagai jejak.

HEMAT BATTERAI DAN MAKANAN
Pencahayaan dan makanan menjadi hal yang penting untuk terus menjaga stamina dan keamanan Anda. Hematlah dalam mengkonsumsi bekal makanan! Anda tentu dapat menerka kapan makanan Anda akan habis, oleh sebab itu pikirkan dengan teliti dan bertahanlah walau lapar. Untuk makanan dari alam liar, jangan makan daun dan buah yang berwarna cerah atau berbulu karena biasanya beracun. Buah yang dimakan monyet, biasanya juga bisa Anda makan.

Selain itu, pencahayaan dalam malam hari akan menjaga faktor keselamatan Anda. Nyalakan senter Anda saat hari sudah malam dan matikan saat Anda sedang tidur.

Tips tersebut sangat berpengaruh saat Anda bertahan hidup di alam bebas. Satu hal penting yaitu tetaplah berpikir positif dan jangan pernah menyerah untuk menemukan jalan keluar.  source

Artikel terkait untuk dibaca



4 Belantara Indonesia Fans:

  1. @Yadik Hendriyanto Takut itu manusiawi, tetapi kan bisa di minimalisir dgn tips yg baik dan akhirnya sedikit (tak semua ) bisa mengalahkan rasa takut...be a man...

    BalasHapus
  2. Beh mantap juga ini info buat kemah di puncak gunung.
    tapi kalau binatang buas itu gimana?hehe
    Mudah-mudahan aja enggak.makasih ia gan infonya

    BalasHapus
  3. Waah ingin coba berpetualang nih,kenali alam indonesia ha ha ha ha ha ha dan jika ada binatang buas tinggal diburu,selalu sedia senjata tajam sebelum tersesat agar bisa berburu agar tdk kelaparan,terus jika tersesat kt bisa jg membuat balon udara kecil dgn memakai baju putih kecil tulis dgn pakai spidol "aku disini" dan teman2 akan menemukan kita makasih gan,salam rimba blognya bermanfaat !

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!