Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Gunung Purba Di Yogyakarta

Sharing Yaa
Yogyakarta, kita kenal dengan kota budaya dan aneka bentuk keaneka ragaman kuliner yang mampu memanjakan para pengunjungnya. Yogyakarta juga memiliki panorama alam yang memikat, salah satunya di kawasan Gunung Kidul, yang selain mempunyai jajaran pantai yang eksotis, juga mempunyai gunung api purba, Nglanggeran yang cocok di daki pada malam hari.

www.belantaraindonesia.org
Tebing Hijau di Nglanggeran
Tak banyak yang tahu kalau Yogyakarta punya gunung purba, sama seperti situs Gunung Padang yang ada di Jawa Barat. Terletak sekitar 22 kilometer dari Wonosari, Gunung Nglanggeran punya kontur unik yang tersusun oleh material vulkanik. Tak heran, karena konon 70 tahun yang lalu gunung ini sempat aktif.

Tetapi tenang saja, sekarang Gunung Api Purba Nglanggeran sudah tidur nyenyak. Bahkan, gunung ini menjadi tujuan pendakian dengan berbagai tingkat kesulitan. Mengutip buku Informasi Pariwisata Indonesia, jurang dan lembah di gunung ini punya beragam kontur yang cocok untuk pendaki pemula hingga profesional.

www.belantaraindonesia.org
Tempat untuk memandang Yogyakarta dari ketinggian
 Terlepas dari klasifikasi pendaki tersebut, ada satu kesamaan yang menyatukan mereka di Gunung Nglanggeran. Hampir semua dari mereka melakukan pendakian pada malam hari. Cukup dua jam saja, Anda sudah bisa menginjakkan kaki di puncak gunung purba ini.

Puncak tertinggi Gunung Nglanggeran adalah Gunung Gede, dengan bongkahan batu seluas setengah hektar. Di puncak tertinggi ini, Anda bisa menikmati indahnya langit malam yang cerah dan bertabur bintang! Puncak Gunung Nglanggeran adalah tempat favorit, sekaligus terpencil, untuk melihat langit indah Yogyakarta.

www.belantaraindonesia.org
Puncak Nglanggeran Dari Ketinggian
 Untuk mencapai kaki gunung ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Ada dua jalur yang bisa ditempuh, yakni dari Wonosari atau dari Yogyakarta hingga nanti tiba di Desa Nglanggeran. source and photo credit

Artikel terkait untuk dibaca



3 Belantara Indonesia Fans:

  1. 2 jam doank jalannyaa???????? kalo tinggal di Jogja bisa bisa tiap weekend kesana tuh. Hahaha..

    Fotonya kereeeeenn mas Adit :D

    BalasHapus
  2. malah baru tahu saya ternyata di yogyakarta ada gunung purba, dari namanya aja sudah bikin penasaran aja tuh gan buat dikunjungi...atas informasinya terimakasih

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!