Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Cahaya Surga Di Gua Vertikal Jomblang

Sharing Yaa
Bagi para Cavers, menyusuri gua horizontal adalah hal biasa, tetapi bagaimana jika mencoba menyusuri gua vertikal? Tentu membutuhkan tehnik dan usaha yang lebih. Serta membutuhkan peralatan yang khusus apabila medan terlampau sulit. Tetapi bagi para Cavers, menyusuri gua sesulit apapun adalah hal yang mengasyikan sekaligus menantang.

www.belantaraindonesia.org

Kelehahan akan terbayar lunas apabila tujuan tercapai dan apalagi bila menemukan di ujung sana menyaksikan pemandangan alam yang indah. Salah satu gua vertikal yang sangat menarik untuk disusuri adalah Gua Jomblang. Ada ratusan kompleks gua di Gunung Kidul yang terkenal dengan keunikan dan keindahannya. Gua Jomblang termasuk di dalamnya. Amazing Race Amerika pernah memilih tempat ini sebagai lokasi pengambilan gambar di tahun 2011 lalu.

Yang unik dari Gua Jomblang adalah keberadaan hutan purba yang rapat di dasarnya. Pepohonan tumbuh rimbun, dan udara sejuk, menemani anda melepas lelas setibanya di dasar gua. Pemandangan hutan purba di dasar Gua Jomblang sangat kontras dengan perbukitan karst dan jati meranggas yang tampak di atas, sebelum memasuki gua.

Susur Gua Jomblang rasanya kurang lengkap kalau tidak turut menyusuri Gua Grubug. Antara Gua Jombalng dan Gua Grubug di hubungkan oleh sebuah lorong sepanjang 300 meter. Suasana di lorong penghubung ini tampak cantik dengan ornamen gua seperti stalaktit, stalagmit dan batu kristal.

www.belantaraindonesia.org

Gua Grubug terkenal dengan ‘cahaya surga’-nya. Sebelum tiba di lokasi ‘cahaya surga’, Anda akan disambut suara gemuruh air sungai bawah tanah. Dan kemudian, sebuah mahakarya Tuhan terpampang di depan mata: ‘cahaya surga’, yakni pilar cahaya ( ray of light ) yang tercipta dari berkas sinar Matahari yang masuk melalui entrance Gua Grubug dengan ketinggian sekitar 90 meter. Dilengkapi dengan pemandangan air yang menetes dari ketinggian, sangat indah kelihatannya.

Gua Grubug pernah menjadi saksi sejarah kelam. Para warga yang dituduh sebagai anggota PKI dahulu dibantai di tempat ini. Namun jangan khawatir, tidak ada lagi jejak - jejak pembantaian yang terlihat. Yang ada hanya keindahan tiang cahaya yang menakjubkan.

www.belantaraindonesia.org

Menyusuri Gua Jombang dan Gua Grubug memang tidak boleh sembarangan. Terutama saat menyusuri Gua Jomblang, perlu dipastikan bahwa alat - alat bantu yang digunakan sesuai standar. Bagi yang baru sekali melakukan caving, perlu menyusuri Gua Jomblang dengan sangat cermat karena medannya yang lumayan. Tapi jangan cemaskan kelelahan Anda tidak terbayar.

Bagi yang berminat, bisa mengunjungi kedua gua ini, yang berlokasi di Wonosari. Jika bertolak dari Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 45 menit. source

Artikel terkait untuk dibaca



13 Belantara Indonesia Fans:

  1. keren banget pemandangan nya , pasti sulit banget nyusurin gua vertikal kaya gitu .

    BalasHapus
  2. saya pernah kesana cuma ga masuk ge guanya, sedih sekali belum pernah masuk...!!
    Selain itu yg menarik di dalamnya ada danau.

    BalasHapus
  3. ada pemandunya gk di goa jomblang?
    yg bisa diminta mendampingi?

    BalasHapus
  4. wichhh mantap gannn..... tp dibanten juga ada tuh

    BalasHapus
  5. Subhanallah, indahnya,,, Tidak ada yang mampu menyamai hasil karya-Mu Ya-Rabb :)

    http://goo.gl/vB94Dh

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!