Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Sejarah Singkat Pecinta Alam Indonesia

Sharing Yaa
Sering kita mendengar dan menemui sekelompok manusia yang suka berpetualang di alam terbuka dengan membawa nama Pecinta Alam. Dan uniknya, nama tersebut, yakni pecinta alam hanya ditemui di Indonesia. Bukan dari segi bahasa, namun dari segi arti dan makna kalimat. Di Luar negeri sendiri mungkin lebih dikenal dengan nama Aktifis Lingkungan.


Konsep Pecinta Alam dicetuskan oleh Soe Hok Gie pada tahun 1964. Gie sendiri meninggal pada tahun 1969 karena menghirup gas beracun Gunung Semeru. Gerakan "Pecinta Alam" awalnya adalah pergerakan perlawanan yang murni kultur kebebasan sipil atas invasi militer dengan doktrin militerisme - patriotik. Perlawanan ini dilakukan dengan mengambil cara berpetualang dengan alasannya yakni :

"Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia - manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi ( kemunafikan ) dan slogan - slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung." ( Soe Hok Gie - Catatan Seorang Demonstran )

Era pecinta alam sesudah meninggalnya Soe Hok Gie ditandai dengan adanya ekspedisi besar - besaran, dan era berikutnya ditandai dengan Era 1969 - 1974, merupakan era antara masa kematian Gie dan masa muncul munculnya Kode Etik Pecinta Alam .

Era ini menandai munculnya tatanan baru dalam dunia kepecinta - alaman, dengan diisahkannya Kode Etik Pecinta Alam ( KEPAI ) di Gladian IV Ujungpandang, 24 Januari 1974. Ketika itu di barat juga sudah mengenal suatu 'Etika Lingkungan Hidup Universal' yang disepakati pada 1972. Era ini menandakan adanya suatu babak monumental dalam aktivitas kepecintaalaman Indonesia dan perhatian pada lingkungan hidup di negara - negara industri. Lima tahun setelah kematian Gie, telah memunculkan suatu kesadaran untuk menjadikan Pecinta Alam sebagai aktivitas yang teo - filosofis, beretika, cerdas, manusiawi / humanis, pro - ekologis, patriotisme dan anti - rasial.

Dalam Etika 'Etika Lingkungan Hidup Universal' Ada 3 etika yang merupakan prinsip dasar dalam kegiatan petualangan yaitu :

Take nothing but picture, Leave nothing but footprint, Kill noting but time.

Dalam Kode Etik Pecinta Alam Indonesia, disebutkan :

- Pecinta Alam Indonesia sadar bahwa alam beserta isinya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

- Pecinta alam Indonesia sadar bahwa pecinta alam sebagai makhluk yang mencintai alam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

PRINSIP DASAR PETUALANGAN DAN PECINTA ALAM

1. Dalam pelaksanaan kegiatan petualangan terdapat etika dan prinsip dasar yang sudah disepakati bersama. Etika dan prinsip dasar tersebut muncul sebagai rasa tanggung jawab kepada alam. Selain didukung dengan perlengkapan dan peralatan yang memadai, juga dalam petualangan mutlak diperlukan kemampuan yang mencukupi. Kemampuan itu adalah kemampuan teknis yang yang berhubungan dengan ritme dan keseimbangan gerakan serta efisiensi penggunaan perlengkapan. Sebagai contoh, pendaki harus memahami ritme berjalan saat melakukan pendakian, menjaga keseimbangan pada medan yang curam dan terjal sambil membawa beban yang berat serta memahami kelebihan dan kekurangan dari perlengkapan dan peralatan yang dibawa serta paham cara penggunaannya.

2. Kemampuan kebugaran yang mencakup kebugaran spesifik yang dibutuhkan untuk kegiatan tertentu, kebugaran jantung dan sirkulasinya, serta kemampuan pengkondisian tubuh terhadap tekanan lingkungan alam. Berikutnya, kemampuan kemanusiawian. Ini menyangkut pengembangan sikap positif ke segala aspek untuk meningkatkan kemampuan. Hal ini mencakup determinasi / kemauan, percaya diri, kesabaran, konsentrasi, analisis diri, kemandirian, serta kemampuan untuk memimpin dan dipimpin.

3. Seorang pendaki seharusnya dapat memahami keadaan dirinya secara fisik dan mental sehingga ia dapat melakukan kontrol diri selama melakukan pendakian, apalagi jika dilakukan dalam suatu kelompok, ia harus dapat menempatkan diri sebagai anggota kelompok dan bekerja sama dalam satu tim.

4. Tak kalah penting adalah kemampuan pemahaman lingkungan. Pengembangan kewaspadaan terhadap bahaya dari lingkungan spesifik. Wawasan terhadap iklim dan medan kegiatan harus dimiliki seorang pendaki. Ia harus memahami pengaruh kondisi lingkungan terhadap dirinya dan pengaruh dirinya terhadap kondisi lingkungan yang ia datangi.

Keempat aspek kemampuan tersebut harus dimiliki seorang pendaki sebelum ia melakukan pendakian. Sebab yang akan dihadapi adalah tidak hanya sebuah pengalaman yang menantang dengan keindahan alam yang dilihatnya dari dekat, tetapi juga sebuah resiko yang amat tinggi, sebuah bahaya yang dapat mengancam keselamatannya.

Artikel terkait untuk dibaca



18 Belantara Indonesia Fans:

  1. waw kere kali gan postinganya alam bangets deh, ana jadi ngiri sama mas gan yang begitu faham dan sangat perhatian akan alam ini terutama alam indonesia. ana mungkin pernah naik ke salah satu gunung yang ada di pandeglang tepatnya gunung "pulosari" tapi ana ketika itu belum faham apa tujuan dan makna dari pendakian tersebut.....terimakasih gan atas postingan yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  2. berbicar tentang sosok ghie jadi terkesan sama kata kata mutiara yang sering di lontarkan beliau...

    BalasHapus
  3. semoga dengan adanya komunitas pecinta alam ini di harapkan mampu menjaga kelestarian alam yang ada di bumi pertiwi..

    BalasHapus
  4. jadi Soe Hok Gie itu bapak pecinta alam Indonesia yaa gan?...

    BalasHapus
  5. yaps info yang sangat mantabs jadis kita tahu bagaimana pecinta alam terbentuk dan ada di Indonesia...
    hal yang paling penting terapkan pada diri kita untuk menjadi seorang pecinta alam tidak perlu harus naik turun gunung, yang terpenting untuk menjadi seorang pecinta alam kita dapat menjaga, merawat, dan melestarikan alam yang ada disekitar kita, bukan begitu mas gan?

    BalasHapus
  6. Era dekade 50 an ( tepatnya tahun 1955 ) di Indonesia sudah ada organisasi pendaki gunung / pecinta alam yang bernama IPKA INDRAKILA ( dahulu ditulis Indrokilo ) yang didirikan oleh beberapa orang dikota MALANG ( salah satunya adalah wartawan senior Indonesia Boen Soepardi.

    IPKA Indrakila juga memiliki Facebook dgn nama IPKA “Indrakila”
    Tidak mudah mencari dokumen seputar organisasi tua ini ( harus ditelusuri kekota Malang ).
    Salah satu info kecil bisa dibaca di link

    http://bpp-kpasulsel.blogspot.com/2011/02/sejarah-pecinta-alam-indonesia.html

    Djoko Haryono
    Adventurers & Mountain Climbers 1969 ( AMC 1969 ) Malang.
    ( Founder / Master Trainer / Member ). NPA No. A-008

    BalasHapus
  7. Andaikan Semua Manusia tahu akan pentingnya menjaga Lingkungan....

    Semoga kita sebgai penerus dan Komunitas Pecinta Alam bisa mengaplikasikan diri sebagai Pecinta Alam Sejati'

    Thanks infonya Bang ADMIN
    Salam Kenal
    By : INFO PECINTA ALAM

    BalasHapus
  8. salam rimba , alam adalah titipan untuk anak cucu kita

    BalasHapus
  9. Siunyil dari TEPLOK cilacap adipalaSabtu, 29 Desember 2012 11.40.00 WIB

    Salam rimba...
    andai saja manusia di dunia ini begitu menyadari bahwa begitu besar manfaat dan bergunanya alam semesta di bumi ini tentunya alam raya di bumi ini akan menari nari dan tersenyuem penuh dengan suka cita...

    namun karna kurang kesadaran dari kita maka sesering kali alam raya di bumi ini membrontakan kepada manusia,oleh karna tangan tangan jahil manusia yang tidak bertanggung jawab itu...!!!!

    apakah kita tidak menyadari bahwa alam ini menangis dan meraung karna kesakitan....
    mereka hanya ingin kita itu menjaga alam semesta ini dengan benar...

    BalasHapus
  10. salam rimba..

    mau ngajak agan" sekalian yang suka mendaki untuk ikut bantu melestarikan alam yang selalu kita nikmati keindahan nya di saat luang kita tuk melepas semua penat aktifitas kota

    http://natureloversclub.blogspot.com

    salam rimba tuk agan" smua

    BalasHapus
  11. untuk perlengkapan outdoornya...

    silahkan mampir gan..

    www.trekkingoutdoorshop.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Salam Lestari PA tanah air :)
    tetap semangat berekspedisi :)

    BalasHapus
  13. kode etik pencinta alam memang harus ditegakkan, soe hoek gie ternyata panutan para pencinta alam ya/

    BalasHapus
  14. wow, pengetahuan baru nih. ijin copas ya.. :)

    BalasHapus
  15. Salam lestari!!!,
    Kta akn slalu jga alam & bumi kta demi ank cucu nti

    BalasHapus
  16. info bermanfaat gan apalagi ku juga pecinta alam waktu sma dan kuliah sehingga kita bisa tahu bagaimana pecinta alam terbentuk dan ada di Indonesia...
    hal yang paling penting terapkan pada diri kita untuk menjadi seorang pecinta alam tidak perlu harus naik turun gunung, yang terpenting untuk menjadi seorang pecinta alam kita dapat menjaga, merawat, dan melestarikan alam

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!