Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Pesona Gunung Papandayan

Sharing Yaa
Gunung Papandayan merupakan gunung yang menarik untuk didaki bagi para penggiat pendakian gunung ataupun untuk para pecinta wisata alam. Menikmati pesona alam Papandayan adalah sebuah pengalaman yang menakjubkan. Menjadi salah satu pengalaman dan menjadi saksi, bahwa alam Indonesia teramat cantik dan tiada duanya.


Gunung Papandayan merupakan Gunung paling selatan dari deretan Pegunungan yang menghampar dari selatan kota Bandung. Gunung Papandayan ini merupakan Gunung yang sangat populer, terkenal akan keindahan dan beberapa keunikan dari gunung Papandayan. Bagi para wisatawan yang ingin mendaki Gunung Papandayan ini, ada beberapa jalur yang dapat dilewati dan ditempuh. Yaitu dari Pengalengan dan Cisurupan Kabupaten Garut.

Jika kita ingin mendaki lebih cepat bisa ditempuh dari Cisurupan, ini dikarenakan kondisi aspal yang sudah cukup baik dari bawah sampai puncak. Sehingga angkutan darat bisa mempercepat pendakian, tetapi jalan terhenti di alun - alun Salada. Karena disini kita diharuskan untuk menyewa guide untuk menuntun kita untuk perjalanan selanjutnya, khususnya bagi yang belum pernah datang ke Gunung Papandayan.


Selama dalam perjalanan mata kita akan menikmati keindahan alam, kita dapat melihat pohon yang hangus terbakar dan tanah yang mengeluarkan asap panas di celah bebatuan gunung. Di tengah perjalanan dengan puncak gunung Papandayan, kita dapat menyaksikan keunikan dan fenomena alam. Yaitu semburan uap panas yang keluar dari perut bumi, kita bisa mengabadikan momen tersebut melalui foto.

Tetapi hati - hati akan tanahnya yang lembek dan labil. Setelah itu kita akan melewati Telaga Warna. Danau alam yang berwarna hijau dan mengeluarkan bau gas yang sangat pekat. Sesampai dipuncak gunung Papandayan ada perasaan senang setelah kita mencapainya, kita seolah - olah berada diatas awan.

Selain keindahan alam, banyak flora yang terdapat di puncak gunung Papandayan, yaitu bunga Edelweis, bunga yang tergolong langka dan hanya tumbuh di tempat tertentu dan di ketinggian tertentu karena tidak setiap pegunungan ditumbuhi bunga yang dijuluki Bunga Abadi ini. Yang tidak pernah layu dan memiliki aroma yang khas.


Tempat wisata ini banyak dikunjungi Wisatawan karena kita dapat mendaki turun dan naik selama satu hari saja, Anda berangkat pagi - pagi sekali dari bandung. Dan setelah sampai Anda mendaki sampai pada puncak gunung pada siang hari, setelah puas menikmati keindahan alamnya Anda dapat kembali pada sore harinya.

Sehingga sangat sesuai dengan rekreasi keluarga, peranan guide juga sangat dibutuhkan karena Gunung Papandayan masih tergolong gunung yang aktif. Gunung ini pernah meletus beberapa waktu yang lalu dan mengeluarkan awan panas yang cukup tebal, sehingga merusak habitat flora dan fauna disekitar gunung tersebut. Kerusakan yang terjadi oleh letusan Gunung Papandayan membuat keunikan sendiri terhadap pemandangan Gunung Papandayan tersebut, jika Anda ke Bandung atau Garut. Jangan lewatkan wisata Alam nan indah ini.

Artikel terkait untuk dibaca



8 Belantara Indonesia Fans:

  1. wah.. ane belum pernah nih ke papandayan. jadi pengen cepet cepet berangkat kesana. :) nice post gan.

    BalasHapus
  2. Aku kepengen juga, mungkin tahun ini ;-)
    Di Indonesia, ada banyak tampat yang bagus.....banyak.
    Postnya bagus, benar.
    Salam

    BalasHapus
  3. Iiicchh kren bgt....
    pngn dech ksna..!!!

    BalasHapus
  4. Hallo ... I love that you give valuable info in your article, this may be beneficial to all. I will bookmark your blog and check back here regularly. I'm pretty sure I will learn many new things here! Good luck

    BalasHapus
  5. Hi... nice blog, interesting articles and build. Thanks for the information you have provided. may be useful to all. good luck

    BalasHapus
  6. Yaa Gunung Papandayan memang indah dan kita bisa menikmati padang Edelweis yang lumayan luas....

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!