Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

5 Manfaat Tanaman Bagi Lingkungan

Sharing Yaa
Tahukah Anda jika setiap tanggal 10 Januari adalah Hari Sejuta Pohon Sedunia? Dan biasanya untuk memperingati hari tersebut, diseluruh dunia diadakan penanaman tanaman di beberapa lokasi. Andai kita tidak mengikuti kegiatan tersebut, kita tetap bisa berpartisipasi dengan menanam tanaman disekitar rumah. Dan lebih baik kita mengetahui manfaat tanaman tesebut agar lebih tepat guna.


5 MANFAAT TANAMAN BAGI LINGKUNGAN

1. Mengurangi Kebisingan
Untuk rumah yang berada di pinggir jalan atau di daerah yang selalu ramai dan padat dengan aktifitas kendaraan bermotor, menanam tanaman di sekeliling pagar merupakan solusi praktis untuk Anda. Karena tanaman tersebut dapat meredam suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan dan mampu menyaring debu yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah Anda akan selalu bersih. Jenis tanaman yang cocok ditanam untuk kondisi ini adalah tanaman dari jenis semak.

2. Pendingin Alami
Jenis tanaman rambat dapat Anda gunakan sebagai penutup dinding rumah yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Sinar matahari langsung akan membuat suhu di dalam rumah meningkat, oleh karena itu menanam tanaman rambat dengan ketebalan kurang lebih lima centimeter mampu meredam panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga kerja pendingin ruangan tidak terlalu berat dan juga menghemat penggunaan listrik.

3. Menyimpan Air Tanah
Air hujan yang jatuh langsung ketanah akan hilang begitu saja jika tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, Anda dapat mensiasati ketersediaan air dengan menanam tanaman di pekarangan. Lahan tersisa di rumah Anda dapat dibah menjadi penampung air alami.

Lahan yang dibiarkan terbuka juga membuat suasana rumah terlihat kering dan gersang. Tanamlah tanaman - tanaman kecil seperti asoka, rerumputan, atau jika anda memiliki luas lahan yang memadai tanamlah pohon buah-buahan seperti jambu, mangga, atau nangka. Selain buahnya dapat Anda nikmati, perakaran tanaman keras tersebut mampu menjerap air lebih baik sebagai persediaan air ketika musim kemarau tiba. Selain dengan menanam tanaman Anda juga bisa membuat biopori untuk menampung air hujan yang jatuh ke tanah.

4. Bumbu Dapur Dan Obat Untuk Keluarga
Tanaman untuk bumbu dapur seperti daun pandan, lengkuas, dan jahe sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan lahan yang luas. Jika memiliki keterbatasan lahan, Anda bisa pergunakan pot tanaman yang tersedia dalam aneka desain. Gunakanlah pot yang sesuai dengan besar tanaman yang akan ditanam dan sesuai dengan luas ruangan Anda. Aneka desain pot yang lucu juga bisa digunakan untuk menambah keindahan rumah.

5. Bunga Hias
Meja tamu atau ruang bersantai akan terkesan indah jika dihiasi dengan bunga yang berwarna - warni, namun jangan menggunakan bunga hias yang sudah dipotong perakarannya karena akan membunuh tanaman secara perlahan.

Jika menginginkan tanaman untuk hiasan meja sebaiknya gunakanlah tanaman hidup yang dapat dibudidayakan sendiri di rumah seperti tanaman bonsai atau kaktus mini. Tanaman tersebut akan tetap hidup selama Anda merawatnya, dan jangan lupa untuk meletakkannya diluar rumah ketika malam hari karena tanaman akan menggunakan oksigen untuk pernafasannya di malam hari dan mengeluarkan karbondioksida.

Selalu ingat tentang Manfaat Pohon Bagi Kelangsungan Hidup

Artikel terkait untuk dibaca



6 Belantara Indonesia Fans:

  1. jujur saya nggak tahu gan kalo 10 januari adalh hari sejuta pohon sedunia,,,hemmh,,pastinya tanaman punya banyak manfaat buat bumi tercinta,,
    terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  2. tanaman memang sangat bermanfaat bagi kehidupan di bumi...
    alam tidak akan pernah seimbang jika tanpa tanaman...

    BalasHapus
  3. Wiiihhh...
    Bner" sngat berguna....!!!!

    BalasHapus
  4. wah benar tuh apa yang dikatakan mas gan, maka dari itu marilah kita semua berlomba-lomba memperbanyak menanam pohon dan agar terciptanya ke-5 keungan buat kita bersama agar alam ini tetap asri........terimakasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  5. wah, bermanfaat sekali gan infonya

    makasih :)

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!