Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Rute Sembalun Lawang Gunung Rinjani

Sharing Yaa
Rute Sembalun Lawang Gunung Rinjani adalah salah satu dari beberapa rute jalur pendakian menuju puncak Gunung Rinjani, gunung yang berada di wilayah Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat yang berketinggian 3.726 mdpl yang juga merupakan gunung favorit para pendaki, baik pendaki lokal maupun pendaki internasional karena keelokan pemandangan alamnya.

RUTE SEMBALUN LAWANG GUNUNG RINJANI:

SEMBALUN LAWANG - POS 1


Pendakian dimulai dari desa Sembalun Lawang yang yang berada pada ketinggian ± 1156 mdpl. Sebelum mendaki kita harus melapor di pos Taman Nasional. Disini juga terdapat Losmen untuk beristirahat dengan nama Pondok Sembalun. Dari jalan raya gerbang pendakian segera terlihat dan disamping gerbang ada patung bawang yang besar. Ini mungkin dikarenakan daerah ini adalah penghasil bawang di Lombok. Sepajang jalur ini kita hanya melewati padang rumput yang mendaki dan menurun dan sesekali menyeberangi sungai yang kering serta beberapa cemara gunung ( casuarina junghuhniana ). Normal jarak tempuh jalur ini adalah ± 2 jam.

POS 1 - POS 2

Pos 1 atau Pos Pemantauan merupakan sebuah pondok tanpa lantai yang teletak ditengah jalur di daerah padang rumput serta berada pada ketinggian 1300 mdpl. Pos ini tidak ada sumber air. Jalur dari pos ini ke Pos 2 masih sedikit menanjak dan padang rumput yang terbuka serta masih melewati beberapa aliran lahar dan sungai kering. Jalan setapaknya sendiri kadang menurun cukup curam. Normal jarak tempuh jalur ini adalah ± 1 jam.

POS 2 - POS 3


Pos 2 atau Pos Tengengean terletak di sebelah kiri jalan agak menjorok kedalam dengan ketinggian 1500 mdpl, dan didepan pos ini terdapat sungai kering serta jembatan diatasnya yang merupakan jalur pada rute ini. Di pos ini kita bisa jumpai sumber mata air dan sebuah toilet yang merupakan hasil sumbangan dari sebuah LSM asal New Zealand. Pos nya sendiri letaknya disebuah lembah yang diapit bukit. Jarak tempuh normal ± 1 jam.

POS 3 - PLAWANGAN SEMBALUN ( PLAWANGAN II )


Pos 3 ( Pos Pada Balong ) terletak persis dipinggir aliran lahar / sungai kering, pada ketinggian 2000 mdpl. Sebelum mencapai pos ini kita akan bertemu sebuah persimpangan jalan yang memisahkan jalur ke Bukit Penyesalan ( kanan ) dan ke Jalur Penderitaan ( kiri ). Saat ini jalur yang sering dipakai adalah jalur penderitaan, sedangkan jalur bukit penyesalan sendiri jembatannya sudah runtuh dan jalan setapaknya sudah tidak begitu jelas.

Kondisi Pos 3 ini masih sangat bagus dibanding dua pos sebelumnya. Dari pos ini menuju Pelawangan kita akan dihadapkan dengan tanjakan bukit sembilan. Karena kita memang melewati sembilan bukit sebelum sampai di gigiran punggungan yang kemudian belok kiri menuju ke Pelawangan. Jarak tempuh normal ± 3,5 jam.

PLAWANGAN SEMBALUN - PUNCAK RINJANI


Plawangan sendiri merupakan sebuah dataran yang cukup luas untuk beberapa tenda yang terletak diatas gigiran punggungan yang menyatukan dengan punggungan menuju puncak serta berada pada ketinggian 2639 mdpl. Dari sini terlihat jelas Segara Anakan dan unung Baru. Disini terdapat sebuah toilet, dan juga sebuah sumber air yang berupa pancuran. Puncak Rinjani terlihat kelas dari sini. Hati - hati terhadap monyet didaerah ini mereka sangat agresif untuk merebut makanan setiap pendaki yang lengah. Jarak tempuh normal kepuncak ± 3 jam.

PUNCAK RINJANI


Perjalanan dari Plawangan kepuncak mulai dihadapkan pada tanjakan - tanjakan yang curam dan berdebu sampai pada batas gigiran puncak kemudian berbelok kekiri mengikuti gigiran puncak yang berpasir lembut membuat sulit untuk melangkah. Mendekati puncak, tanjakan cukup terjal dan berpasir halus.

Kawah Rinjani

Pemandangan di sekitar puncak kita dapat melihat sayup - sayup dari arah timur ada pegunungan JayaWijaya di Papua, serta kepulauan Sumbawa, sebelah barat terlihat Gunung Agung di Bali serta pelabuhan Lembar dan juga kearah bawahnya ada Segara Anakan beserta Gunung Baru Jari, sebelah utara kearah bawah kita bisa melihat kawah gunung Rinjani yang sudah tidak aktif lagi.

Artikel terkait untuk dibaca



1 Belantara Indonesia Fans:

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!