Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Wisata Alam Di Sukabumi

Sharing Yaa
Wisata alam di Sukabumi adalah bagian dari kekayaan wisata alam di Indonesia. Kabupaten Sukabumi berada di Propinsi Jawa Barat yang beribu kota di Pelabuhan Ratu. Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor di Utara, Kabupaten Cianjur di Timur, Samudera Hindia di Selatan dan Kabupaten Lebak di Barat. Dan berikut ini sebagian dari wisata alam di Sukabumi yang layak anda kunjungi.

TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO


Gunung Gede mempunyai keadaan alam yang khas dan unik, hal ini menjadikan Gunung Gede sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama. Gunung Gede juga memiliki keanekaragaman yang terdiri dari ekosistem sub - montana, montana, sub - alpin, danau, rawa, dan savana.

Gunung Gede terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis di antaranya burung langka yaitu Elang Jawa ( Spizaetus bartelsi ) dan burung hantu ( Otus angelinae ). Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara di Malaysia pada tahun 1995.

Daya tariknya, Hutan Rimba , Hewan Langka, Sungai dan Bebatuan, Telaga Biru, Puncak Gunung, Kawah, Alun - Alun SuryaKencana berlokasi di Kabupaten Sukabumi dan pintu masuk lewat Pondok Halimun.

TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK


Gunung ini dapat didaki dari beberapa jalur diantaranya jalur yang umum sering dipakai adalah jalur dari Wana Wisata Cangkuang Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, dari Cangkuang ini ada dua jalur yakni jalur lama yang menuju puncak Gunung Salak 1 dan jalur baru yang menuju Kawah Ratu. Jalur yang penuh dengan nuansa mistik untuk berjiarah adalah jalur dari Wana Wisata Curug Pilung, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu. Jalur lainnya adalah jalur Desa Girijaya dan Jalur Desa Kutajaya / Cimelati. Jalur yang banyak terdapat air terjunnya adalah jalur Pasir Rengit.

Daya tariknya, Hutan Rimba , Flora dan Fauna Langka, Sungai dan Bebatuan. Lokasinya di Kabupaten Sukabumi serta pintu masuk lewat Wana Wisata Cangkuang Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi.

GOA BUNI AYU / SILUMAN


Goa ini sangat mudah dicapai, setelah sampai di Sukabumi ada bisa langsung menuju ke arah Segaranten. Setelah sampai di Nyalindung ada akan menemui pertigaan ke arah Nyalindung dan Segaranten, anda harus memilih jalur Segaraanten. Setelah sekitar 1.5 km, ada akan sampai di pintu gerbang Goa Buniayu. Dari pintu gerbang masuk sekitar 500 meter dan sampailah di lokasi wisata goa Buniayu.

Kalau anda senang tinggal bersama penduduk setempat, di kawasan buniayu terdapat satu rumah dengan kamar berjumlah 2 dan satu tempat tidur yang di luar kamar dan kapasitas bisa untuk 7 - 10 orang. Rumah yang bisa digunakan adalah rumah Ibu Isah yang terletak di dekat Goa Buniayu. Namun kalau anda lebih suka tidur di tempat yang nyaman sperti tinggal di hotel, mungkin bisa tinggal atau cari hotel di kota Sukabumi yang berjarak sekitar 45 menit dengan mobil.

SITU GUNUNG


Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango, Kecamatan Kadu Dampit lebih kurang 16 Km sebelah Barat laut kota Sukabumi, dengan luas 120 ha dan ketinggian 850 Mdpl. Jalan berkelok, diantara pohon Pinus dan Damar mengantar anda memasuki area danau Situ Gunung, sambil merasakan sejuknya udara gunung, anda dapat berjalan - jalan mengitari danau, melihat canda ria fauna yang ada seperti lutung, monyet, surili dan satwa lainnya. Untuk anda yang hobi memancing, disini sering diadakan perlombaan memancing.

Dan tentunya masih banyak lagi aneka wisata alam yang bisa anda temukan di wilayah Sukabumi. Selamat berwisata dan berpetualang mengagumi indahnya alam Indonesia.

Artikel terkait untuk dibaca



2 Belantara Indonesia Fans:

  1. subehanallah indonesia kita bener2 indah ya... ayo semua masyarakat banggalah dengan indonesia

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!