Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Manfaat Hutan

Sharing Yaa
Manfaat hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Coba bandingkan, manusia pada jaman dahulu, mencari makan dengan cara berburu dan mengumpulkan tanaman liar di hutan. Mereka juga tinggal di hutan, menjadi bagian alami dari hutan. Manusia sekarang ini lebih memperhatikan hutan, karena faktor: manfaat ekonomi manfaat hiburan dan manfaat bagi lingkungan.


MANFAAT EKONOMI

Hutan menghasilkan beberapa produk. Kayu gelondongan dapat diolah menjadi kayu, kayu lapis, bantalan kereta api, papan, kertas. Rotan dapat digunakan untuk furniture. Hutan dapat juga menghasilkan minyak dan berbagai produk lainnya, latex dapat digunakan untuk membuat karet, terpentin, berbagai jenis lemak, getah, minyak, dan lilin. Bagi masyarakat pedalaman binatang dan tanaman hutan menjadi sumber makanan pokok mereka. Tidak seperti sumber alam lainnya misal batubara, minyak, dan tambang mineral, sumber alam yang berasal dari hutan dapat tumbuh kembali, sejauh manusia dapat memperhitungkan pengelolaannya.

MANFAAT HIBURAN

Keindahan alam dan kedamaian di dalam hutan dapat menjadi hiburan yang sangat luar biasa dan langka. Mengamati burung atau hewan langka menjadi kegiatan yang sangat menarik. Beberapa hutan dapat dimanfaatkan untuk berkemah, hiking dan berburu. Banyak juga yang hanya menikmati suasana dan bersantai di keheningan yang menyertai keindahan alam.

MANFAAT BAGI LINGKUNGAN

Hutan membantu konservasi dan memperbaiki lingkungan hidup dalam berbagai bentuk. Misalnya hutan membantu menahan air hujan, sehingga mencegah tanah longsor dan banjir, air hujan diserap menjadi air tanah yang muncul menjadi mata air bersih yang mengalir membentuk sungai, danau, dan untuk air sumur.

Tumbuhan hijau membantu memperbaiki lapisan atmosfir menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan oleh mahkluk hidup dan mengambil karbondioksida dari udara. Jika tumbuhan hijau tidak menghasilkan oksigen lagi, maka hampir semua kehidupan akan berhenti. Jika karbondioksida bertambah banyak di atmosfer hal ini dapat merubah iklim di bumi secara drastis.

Hutan menjadi tempat tinggal beberapa jenis tanaman dan binatang tertentu yang tidak bisa hidup di tempat lainnya. Tanpa hutan berbagai tumbuhan dan hewan langka akan musnah.

Artikel terkait untuk dibaca



13 Belantara Indonesia Fans:

  1. obat tradisional asam uratSenin, 03 Oktober 2011 09.05.00 WIB

    thanks atas infonya sangat bermanfsat bagi semua manusia terutama saya

    BalasHapus
  2. Terimakasih bnyak infonya...
    Berguna bt nich...

    BalasHapus
  3. Yang pasti Hutan paling berjasa, untuk ngasih udara seger ke manusia dengan proses fotosintesisnya hhe... gak kebayang deh klo gak ada hutan dan cuma ada bangunana... pasti bakalan gersang...

    BalasHapus
  4. kini giliran pemerintahnya aa yang harus siap mengatasi penebangan liar..
    mksih min

    BalasHapus
  5. makasih ya atas infonya...so usefull..
    one again thanks...

    BalasHapus
  6. Iya hutan memang sangat bermanfaat. Semua Makhluk Hidup hidupnya juga bergantung sama keberadaan hutan.

    BalasHapus
  7. bener bgt sangat bermanfaat skali hutan itu. . .
    kita hrs menjaga kelestarian hutan. . .
    mksh infonya. . .
    sangat bermanfaat skali. . .

    BalasHapus
  8. memang hutan itu sangat bagus bagi lingkungan kitamaka.. kitaharus menjaganya aksh atas infonya ..

    BalasHapus
  9. bener banget tuh,,apalagi indonesia termasuk mamiliki hutan yang sangat luas, jadi perlu dilestarikan jangan terus diambil plasma nutfahnya tanpa melakukan rpenanaman kembali...ayo selamatkan hutan kita,,karena begitu banyak manfaatnya..
    thanks ya atas infonya.

    BalasHapus
  10. tetapi kita jangan hanya memanfaatkannya saja tetapi kita juga harus bisa menjaga agar hutan tetap terjaga keasriannya...

    go green..
    thanks bwt infonya ni sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  11. SELAMATKAN HUTAN KITA DARI PENEBANGAN LIAR !!

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!