Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Apa Yang Harus Ada Dalam Kotak P3K?

Sharing Yaa
Apa yang harus ada dalam kotak P3K? Sebagian besar para petualang sering tidak melupakan membawa kotak P3K dalam peralatan petualangannya. Tetapi sebagian besar pula banyak yang tidak tahu isi yang harus ada atau juga asal ada kotak P3K tersebut dalam bawaan mereka. Apabila demikian, mereka tidak peduli dengan keselamatan dan perawatan pertama dalam kecelakaan di alam bebas. Padahal, keberadaan kotak P3K penting dalam kegiatan petualangan.


Kita memang tidak mengharap sesuatu yang buruk terjadi, tapi sebaiknya kita mempersiapkan diri jika suatu saat terjadi kecelakaan. Kemudian, apa yang harus ada dalam kotak P3K?

Sebenarnya tidak ada pedoman baku mengenai barang atau obat apa saja yang harus ada di situ, namun daftar berikut ini bisa anda jadikan patokan sederhana untuk mengisi dengan barang atau obat apa saja yang harus ada dalam kotak P3K ini.

* Kassa steril
* Plester perekat
* Perban berperekat berbagai ukuran
* Perban elastis
* Tissue antiseptic
* Sabun
* Salep / Krim Antibiotik
* Cairan Antiseptic ( misalnya cairan hydrogen peroksida )
* Salep / Krim yang mengandung hidrokortison 1%
* Obat pereda nyeri ( misalnya paracetamol / ibuprofen )
* Obat - obatan resep dokter yang biasa digunakan oleh anggota keluarga
* Pinset
* Gunting tajam
* Peniti
* Lotion yang mengandung Calamine
* Kapas beralkohol
* Alkohol 70%
* Termometer badan
* Sarung tangan karet
* Senter dengan baterai tambahan
* Daftar nomor telepon untuk keadaan darurat
* Buku petunjuk cara memberikan P3K

Selain itu, usahakan kotak P3K terbuat dari bahan yang ringan, tetapi kuat, mudah dibawa, berwarna cerah dan tidak mudah air masuk.

Ada baiknya juga jika anda paham benar tentang cara memberikan P3K yang benar. Akan percuma kalau anda mempunyai sarana yang bagus tapi tidak tahu teknik dasar P3K. Jika anda sudah memahaminya, ajaklah juga teman anggota tim perjalanan yang lain untuk mempelajarinya, sehingga mereka tidak sepenuhnya tergantung pada anda. Kemudian, anda juga perlu memeriksa keadaan barang dan obat - obatan dalam kotak P3K anda itu. Jangan sampai anda membawa obat yang kadaluwarsa.

Artikel terkait untuk dibaca



2 Belantara Indonesia Fans:

  1. Owwwhh,jdi tw nich...
    Makasih bnyak Tips nya,Sangat berguna bgt..

    BalasHapus
  2. Artikel yg sangat Bermanfaat sekali Gan...

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!