Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

6 Cara Menghemat Air

Area Bola
Sharing Yaa
6 cara menghemat air ini cocok bagi anda yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Tetapi bagaimanapun, apabila anda tidak pandai menghemat air dan menjaganya, bukan tidak mungkin untuk beberapa tahun mendatang, air bersih menjadi barang yang langka. Itulah mengapa anda harus pandai - pandai menghemat air bersih. Banyak cara untuk menjaga air agar tetap hemat dan bersih. Dan berikut ini 6 cara menghemat air.



1. Hindari botol plastik
Air mineral yang dikemas dalam botol plastik sekali pakai sangat tidak efisien. Kemasan botol plastik sangat sulit mengurai dalam tanah, untuk mengurai pun membutuhkan waktu lama. Racun dalam botol plastik juga bisa mengontaminasi tanah dan sumber - sumber air. Sebaiknya gunakan botol kemasan yang bisa digunakan berkali - kali dan diisi ulang.

2. Gunakan filter air
Jika anda peduli dengan kualitas air, untuk mendapatkan air minum gunakanlah alat filter air. Lebih hemat karena anda tidak perlu membeli air setiap waktu dan tidak memerlukan plastik galon. Mudah, murah dan bebas sampah.

3. Dekatkan shower
Tempatkan shower lebih dekat dengan kepala. Ini akan membuat anda berbilas lebih cepat, sehingga mandi bisa dilakukan dalam lima menit maksimal 10 menit.

4. Ganti flush toilet
Banyak toilet yang boros air. Jika toilet anda demikian segera ganti dengan tombol flush baru yang lebih hemat air.

5. Kurangi rumput
Jangan terlalu banyak menanam rumput. Untuk memeliharanya membutuhkan banyak air. Pilih saja tanaman yang tidak terlalu banyak air untuk memeliharanya. Anda bisa menanyakannya pada penjual tanaman.

6. Jangan biarkan kran bocor
Segera perbaiki atau ganti jika ada kran yang bocor. Membiarkannya hanya akan membuat air terbuang percuma. Belum lagi pompa yang bisa terus - menerus menyala. Bukan hanya menghemat air tetapi juga listrik.

Artikel Terkait Untuk Dibaca



0 Komentar

0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!