Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

Cara Sehat Menggunakan Tas Ransel

Sharing Yaa
Kita semua tahu apa dan siapa tas ransel, yang merupakan salah satu dari bermacam bentuk tas yang bisa menyehatkan badan karena tas ransel membagi rata beban berat dari barang - barang yang kita bawa ke seluruh tubuh, dan didukung oleh dua otot paling kuat, yakni otot perut dan otot lengan. Tetapi ada cara menggunakan tas ransel agar pemakaiannya tidak membahayakan anda penggunanya.
Pakai Kedua Tali Tas
Tas ransel dibuat dengan dua tali supaya beban tas bisa terbagi rata. Jadi, sebaiknya kita memakai kedua tali tersebut. Soalnya kalau kita hanya memakai satu tali, berarti semua beban bertumpu pada salah satu bagian tubuh saja. Waktu membeli, pilihlah tas ransel dengan tali yang lebar dan nggak terlalu ketat di badan kita. Ini bisa membantu membagi beban tas, membuat bawaan terasa lebih ringan, dan mencegah tangan menjadi mati rasa karena tali yang terlalu kencang.

Batasi Bawaan
Menurut para dokter dan terapis fisik, kita hanya boleh membawa tas ransel yang beratnya 10% sampai 15% dari berat badan kita. Jadi, kalau berat badan kita 50 kg, berarti kita sebaiknya hanya membawa sekitar 5 kg - 7,5 kg. Batas maksimum ini ditetapkan supaya kita tidak terkena sakit pinggang, atau pun sakit punggung karena bawaan yang terlalu berat.

Mengangkat Ransel
Ketika akan mengangkat ransel dari lantai untuk dipakai di bahu, kita harus ekstra hati - hati, soalnya kita juga bisa melukai punggung kita. Makanya, sebaiknya waktu akan mengangkat tas dari lantai, jangan melakukannya dengan terburu - buru. Kita sebaiknya dalam posisi berlutut dan menunduk sedikit, baru kemudian mengangkat ransel perlahan. Maksudnya, agar si pinggang tak “kaget” menerima tambahan berat dan menghindari cedera atau otot terkilir.

Berhati - hati dan waspada lebih baik, serta meminimalkan tingkat kecelakaan dari sekitar kita.

Artikel terkait untuk dibaca