Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Subcribe to our RSS feedsJoin Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Peralatan Kemping

Sharing Yaa
Peralatan kemping adalah sesuatu yang hukumnya wajib di bawa jika kita hendak melakukan kegiatan di luar ruang, seperti bertualang di alam bebas. Peralatan kemping seperti tenda kemping, di gunakan untuk kita tidur di luar ruangan, dan untuk mengantisipasi dari gejala alam yang sulit untuk di prediksikan. Sebab, berkemah di alam bebas, beresiko mendapatkan bahaya yang sulit kita ukur dan bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
Mengenal peralatan kemping merupakan hal yang harus dipahami oleh seseorang sebelum melakukan aktivitas kemping tersebut. Hal lain yang harus dipahami adalah masalah tindakan terhadap kondisi darurat yang mungkin terjadi pada saat melakukan kemping. Seperti tindakan pengobatan darurat atau tindakan yang harus dilakukan saat bertemu binatang berbahaya.

Kita juga harus mengetahui secara pasti situasi lingkungan tempat kita akan melakukan kemping. Dengan mengenal lingkungan, kita bisa memahami hal - hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Hal itu demi menjaga keselamatan seluruh peserta kemping. Seperti tidak membuat pengapian secara sembarangan ketika kemping di hutan, karena bisa menimbulkan kebakaran hutan.

Peralatan Kemping

Sebelum melakukan kemping, kita harus mengetahui peralatan kemping apa saja yang harus dibawa. Hal itu agar kita tidak mengalami kesulitan di lokasi kemping dan juga bisa menghindarkan diri dari hal diluar prediksi.

Beberapa peralatan kemping di antaranya adalah :

1. Tenda dan lampu penerang. Pastikan tenda yang digunakan adalah tenda yang kedap air, agar tidak basah sewaktu hujan. Selain itu, ukuran tenda juga harus disesuaikan dengan jumlah peserta kemping.

2. Peralatan memasak luar ruangan dan juga kompor mini. Biasanya kompor mini ini berbentuk portabel dan berbahan bakar parafin atau juga batu bara. Selain mudah dinyalakan, kedua bahan bakar tersebut juga lebih awet serta aman.
3. Tali. Selain untuk keperluan di lokasi tenda, tali juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan darurat, seperti ketika ada kecelakaan di jurang.

4. Senjata. Tujuannya adalah untuk menjaga dari kemunculan binatang liar, serta untuk memudahkan membuka jalan apabila medan yang ditempuh masih berupa kawasan hutan atau ilalang.

5. Kompas. Digunakan untuk alat pemandu arah.
6. Handy Talkie dan Handphone. Digunakan untuk alat komunikasi dengan orang lain khususnya apabila terjadi sebuah masalah.

7. Perlengkapan kesehatan.

8. Garam. Digunakan untuk mencegah masuknya binatang melata, seperti ular pada malam hari tanpa diketahui. Sebaiknya garam ditaburkan mengelilingi tenda secara rapat.

Artikel terkait untuk dibaca