Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Mengapa Kita Melindungi Flora Dan Fauna?

Sharing Yaa
Mengapa kita harus melindungi flora dan fauna? Apa yang anda jawab jika pertanyaan itu di ajukan kepada anda semua? Banyak jawaban pasti, walau nantinya akan menjadi jawaban klise atau monoton, sekedar melegakan penanya, padahal jawaban itu harus melegakan diri sendiri dan melegakan yang harus kita lindungi. Flora dan fauna. Bila pertanyaan itu di ajukan kepada manusia yang beragama, mungkin seperti inilah jawabannya, semoga sesuai dengan pikiran dan hati kita yang juga harus dan pasti beragama.


1. Karena kita manusia ditempatkan di bumi dengan amanah sebagai pengelola. Mengelola bumi beserta isinya termasuk flora dan fauna. Pengelola berarti memanfaatkan sekaligus menjaga keberlangsungannya, agar tidak timbul kerusakan. Seperti halnya pegawai yang di amanahi tugas oleh atasannya, maka akan ada penilain terhadap kinerjanya. Begitu juga kita. Di amanahi untuk mengelola bumi, dan juga akan dimintai pertanggung jawabannya akan apa yang kita kelola. Kalau kerja kita tidak bagus, bisa jadi kita dihukum. Jadi, karena flora dan fauna termasuk isi bumi yang harus kita kelola, maka jika kita tidak baik mengelolanya, kita bisa mendapat hukuman dari Allah SWT.

2. Karena makhluk lain seperti flora dan fauna juga berhak untuk hidup dan menempati bumi ini. Mereka juga berhak mencari rezeki dari bumi. Karena Allah SWT menjamin rezeki semua makhluknya. Jadi kita tidak berhak menghalanginya.


3. Karena apa - apa yang diciptakan Allah SWT pasti tidak akan sia - sia. Jadi jika kita berpikir bahwa hilangnya beberapa jenis fauna atau satwa tidak akan membawa pengaruh, bisa jadi kita telah meremehkan hasil ciptaan Allah SWT.

Banyak teori agar lingkungan ( hutan ) tidak hancur, dari reboisasi, sampai "atur diri sendiri" hutanmu. Itu teori diperuntukan manusia untuk mengatur lingkungan. Namun, adakah teori bagi lingkungan untuk mengatur manusia. Tidak ada. Yang ada kalau mereka ramah dengan kita, maka kita pun akan ramah dengan mereka ( manusia ). Apakah mereka akan ramah dengan kita ?

Bukti adanya bukit tanpa pohon, karena ulah manusia yang tidak ramah dengan hutan. Bukti adanya banjir dan kekeringan juga membuktikan hutan tidak ramah bagi manusia. Bagi hutan, mereka berjuang bertahun - tahun agar tidak mati. Kemudian ulah manusia yang tidak ramah, mereka mau merampas kemerdekaan hutan. Namun hukum itu sungguh terasa adil. Meski manusia anggap hutan sudah mati, namun alam yang akan membalas perbuatan manusia. Seperti hukum alam saja yang mengatur antara manusia dengan hutan. Apakah memang perlu demikian ? Seperti nyanyian sunyi dan lesu bagi hutan "Kemerdekaan ini, janganlah cepat berlalu…." Mendengar nyanyian lesu tersebut apakah manusia dengan hukumnya akan lebih merampas hutan atau akan bertindak ramah dengan mereka ?


RINGTONE BELANTARA INDONESIA

Artikel terkait untuk dibaca



13 Belantara Indonesia Fans:

  1. Setuju banget,,kita memang diharus kan untuk menjaganya.

    BalasHapus
  2. Flora dan Fauna itu emang harus kita lindungi, bumi ini jugakan diciptakan bukan cuma buat kita doank, he..he..
    Flora dan Fauna juga berhak untuk hidup...

    Mantabs deh infonya..

    BalasHapus
  3. setuju banget sob, kita sebagai makhluk Allah, wajib memelihara flora dan fauna..

    BalasHapus
  4. salam kenal .
    bener banget .
    apa yang ada di dunia ini memang harus kita jagga .

    BalasHapus
  5. Mau makan apa kita kalau nggak dari Flora Fauna. Kalau nggak dilestarikan bisa-bisa cadangan pangan, papan, dan devisa oksigen bisa habis. Jika kita baik pada alam, alampun akan baik pada kita. Dan jika kita melindungi alam, maka alam akan melindungi kita dari banjir, longsor, lapar, dan lainnya. padahal melindungi alam adalah investasi paling besar menurut pendapat saya pribadi. Cukup dengan tidak merusak flora dan membunuh fauna sembarangan kita akan memperoleh hasil yang jauh lebih banyak dari alam. Dapat oksigen, terhindar bencana, mengurangi pemanasan gobal, ketersediaan bahan pangan, rekreasi, dan memiliki beragam keuntungan lainnya. Simpel tapi vital...hehehe...

    BalasHapus
  6. flora n fauna itu memang harus kita lindungi gan , karna supaya hewan-hewan tidak punah, makasih

    BalasHapus
  7. @Ayub Adiputra Ulsannya bagus dan memang siapa lagi yang bisa jika bukan kita menjaganya?.....itulah yang harus kita lakukan mas puput

    BalasHapus
  8. Bagi anda butuh guru les privat di area jakarta, kunjungi website kami http://lesprivatsmp.net

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!