Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Wujud Malaikat Jibril

Sharing Yaa
Jibril, adalah Malaikatullah yang tugasnya menyampaikan wahyu dan juga malaikat pembawa rezeki. Malaikat Jibril adalah salah satu nama di antara tiga nama malaikat yang di sebut dalam Al Quran. Nama malaikat Jibril di sebut dua kali dalam Al Quran, yakni pada surat Al - Baqarah ayat 97 - 98 dan At Tahrim pada ayat 4. Banyak julukan yang tersemat pada malaikat Jibril, seperti Ruh al Amin dan Ruh al Qudus ( Roh Kudus ), Ar - Ruh Al - Amin dan lainnya. Beginilah bentuk fisik malaikat Jibril :

Bentuk fisik Ruhul’qudus, ada tertera dalam uraian mengenai kisah nabi Muhammad kala beliau mendapat wahyu kali ke dua dan nabi menuntut untuk bertemu atau melihat rupa asli sang utusan Tuhan dari langit dalam rupa yang asli atau bagaimana sesungguhnya dzat wujud Jibril tanpa rupa samar sebagaimana di berkali - kali sang utusan ( ruhul’qudus ) selalu nampak dalam rupa seorang manusia biasa.


Ruhul’Qudus tampak wujudnya dengan enam ratus sayap antara masyrik dan maghrib, ( barat - timur ) sayap dan busana kebesarannya putih laksana mutiara yang larut, dengan rupa yang begitu elok dan rupawan, dan dengan kekuatan yang dahsyat penuh mukzijat.

Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya ( Al Quran ) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa ( kitab - kitab ) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat - malaikat - Nya, rasul - rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang - orang kafir ".

Wujud para malaikat telah dijabarkan didalam Al Qur an ada yang memiliki sayap sebanyak 2, 3 dan 4. Surah Faathir 35:1 yang berbunyi:

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan - utusan ( untuk mengurus berbagai macam urusan ) yang mempunyai sayap, masing - masing ( ada yang ) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan - Nya apa yang dikehendaki - Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu" ( Faathir 35:1 )

Kemudian dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Jibril memiliki 600 sayap, Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-’Arsy memiliki 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.

Wujud malaikat mustahil dapat dilihat dengan mata telanjang, karena mata manusia tercipta dari unsur dasar tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk tidak akan mampu melihat wujud dari malaikat yang asalnya terdiri dari cahaya, bahkan Muhammad sendiri pun disebutkan secara jelas hanya mampu melihat wujud asli dari malaikat Jibril sebanyak dua kali. Dikatakan bahwa Muhammad telah melihat wujud asli dari Malaikat Jibril yang memiliki sayap sebanyak 600 sayap.

"Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu ( dalam rupanya yang asli ) pada waktu yang lain" ( An-Najm 53:13 ).


Dalam kisah suci perjalanan Isra’ Mi’raj, sesampainya di pos perjalanan Sidratul Muntaha, Malaikat Jibril tidak sanggup lagi mendampingi Rasulullah untuk terus naik menghadap kehadirat Allah SWT, Jibril berkata : "Aku sama sekali tidak mampu mendekati Allah, perlu 60.000 tahun lagi aku harus terbang. Itulah jarak antara aku dan Allah yang dapat aku capai. Jika aku terus juga ke atas, aku pasti hancur luluh".

Artikel terkait untuk dibaca



17 Belantara Indonesia Fans:

  1. aku datang lageeeeee!!!!

    halaaah!!! klo balik ke prabu ntar bandara aku tutup!!! biar ga bisa lewat palembang!!! hahahaha....

    eiit... abis baca ttg malaikat jibril,, hmmm...

    waktu dulu sering kali aku bermimpi ntar ketemu malaikat,, ya,, gambarannya kayak yg ada di gambar tuh....

    teteep mimpi kali yeeeee... hahaha, lah diciptain dari tanah mau lihat cahaya,,wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. @Nyayu Amibae aku naik Bis kok..weks....kwkwkwkww.....kalo itu mah mimpi ketemu Doraemon...:))

    BalasHapus
  3. Makasih sob pencerahan dari artikel yang menarik ini. Jadi sadar kalau manusia masih memiliki banyak kekurangan dan tidak baik kalau kita berbuat sombong. Nyambung gak ya ??

    BalasHapus
  4. @saka hero lumayan nyambung...nyambung ke kebaikan..hueheueheuehue

    BalasHapus
  5. pingin ketemu Malaikat Jibril ketika malam lailatur qadr, Insya ALlah Amiin.

    Oot: usul, pict malaikatnya dihapus aja, bukankah yang mengetahui yang ghaib hanya Allah ?

    BalasHapus
  6. Maha suci Allah dengan segala ciptaannya..
    artikel yang bermanfaat sobat, tersurat ayat suci yang ga diragukan lagi kebenarannya. aku saya jadi tahu tentang Malaikat Jibril.
    semestinya ini menjadi penambah keimanan kita kepada Allah.
    makasih udah share..

    BalasHapus
  7. salam sobat
    lama nggak berkunjung nich
    met beraktifitas ya

    BalasHapus
  8. malaikat jibril aja menyadari akan kelemahannya, bisa diambil kesimpulan bahwwa tidak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna, kesempurnaan hanyalah Milik Allah SWT

    BalasHapus
  9. terima kasih gan buat pencerahan nya,, salam kenal aja gan

    BalasHapus
  10. thanks info nya sobat, walaupun saya sudah membaca di buku, tapi dengan adanya artikel ini bisa memperingat kan saya, karna saya sudah agak lupa, :-)

    BalasHapus
  11. Subhanalloh wabihamdihi subhanallohhil'adzim

    BalasHapus
  12. atas kebesaran Alloh SWT bahkan malaikat jibril pun tidak bisa mendekati Alloh SWT,,tetapi nabi Muhammad SAW atas seizin Alloh SWT bisa bertemu langsung dengan sang maha pencipta....

    BalasHapus
  13. sungguh besar keagungan Alloh SWT....
    tidak ada satu pun makhluk yang dapat menandinginya....
    karena Alloh SWT lah yang menciptakan kita semuanya..

    BalasHapus
  14. subhanaloh, maha suci alloh dengan sgala keagungannya, trimakasih sob atas informasinya

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!