Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com

Gunung Tertinggi Di Dunia

Sharing Yaa
Hampir seluruh penduduk bumi mengetahui bahwa gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, dan banyak pendaki yang mencoba menggapai puncak Everest guna nantinya mendapat gelar : Penakluk puncak tertinggi di dunia! yang sangat berkelas. Bahkan ada yang rela berkorban raga dan menyabung nyawa guna mendapatkan gelar prestisius tadi. Segala hal di lakukan, termasuk mempersiapkan akomodasi dan peralatan yang tentunya tak sesederhana yang terlintas di pikiran.

Untuk di ketahui, bahwa tinggi puncak Gunung Everest adalah 8.848 mdpl. Tingginya daratan di pucuk itu membuat gunung Everest mendapat predikat sebagai gunung dengan ketinggian nomor satu. Tetapi tahukah, bahwa sebenarnya gunung Everest bukanlah gunung yang paling tinggi di Bumi?

Mauna Kea, gunung yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Dalam bahasa Hawaii, Mauna Kea berarti Gunung Putih karena puncaknya yang tertutup salju.




Akan tetapi, Mauna Kea sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Dan jika diukur dari kaki gunung, secara total, tinggi Mauna Kea lebih dari 10 ribu meter. Bandingkan dengan gunung Everest yang hanya 8.848 meter dari kaki ke puncaknya. Gunung Mauna Kea memiliki volume sebesar 3.200 kilometer kubik. Ukurannya yang sangat besar ini membuat gunung di sebelahnya, yakni Mauna Loa menekan dasar laut di bawahnya hingga 6 kilometer.
Mauna Kea juga terus turun dan semakin rata karena beban yang ia tanggung. Adapun rata - rata penurunan ketinggian gunung ini mencapai 0,2 milimeter per tahun. Adapun sebagian besar massa gunung tersebut berada di puncaknya.
Puncak Mauna Kea

Saat ini, puncak tertinggi Mauna Kea yang 4.205 meter di atas permukaan laut hanya berselisih sekitar 35 meter dibanding puncak gunung sebelah, Mauna Loa yang tingginya 4.169 meter dari atas permukaan laut.

Keterangan:

Gunung terpanjang di dunia Mauna Kea adalah titik tertinggi pulau Hawaii, Sekaligus gunung berapi terpanjang di dunia. Gunung yang tidak aktif ini terletak 2.206 diatas permukaan laut hingga ke puncaknya, ketinggian gunung tersebut 10.200 m kurang lebih 1200 m lebih tinggi dari Everest dalam hal pegunungan, ketentuan sering dipakai adalah bahwa "tertinggi" berarti di ukur dari permukaan laut hingga puncaknya, sedangkan "terpanjang" diukur dari dasar gunung hingga puncaknya.

Artikel terkait untuk dibaca



1 Belantara Indonesia Fans:

  1. dari mulai SD, yang saya tau gunung tertinggi adalah Everest. tidak pernah disebut nama gunung Mauna Kea.
    terima kasih untuk informasinya.

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!