Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Cara Menghafal Surat - Surat Pendek Al Quran

Sharing Yaa
Bilamana seseorang sudah memiliki niat untuk menghafal Al Quran, maka tak ada yang sanggup menghalanginya menghafal walau apapun yang terjadi. Dan salah satu cara untuk mudah menghafal Al Quran adalah dengan memulai menghafal yang mudah dahulu, dan surat - surat pendek akan lebih mudah di hafal. Selain ayat - ayatnya memang pendek, juga sering di bacakan oleh para Imam Sholat di Masjid. Terutama para Imam yang tak banyak memiliki hafalan ayat, jadi ayat pendek lebih mudah di hafal.

Cara menghafal surat - surat pendek, di antaranya : 

1. Perbanyak mendengar sebelum memulai menghafal, bisa dengan kaset murattal atau mendengarnya dengan khusyu' dari para imam shalat yang kebanyakan dari mereka sering membaca surat-surat pendek dalam shalat maghrib, isya dan subuh. atau yang lebih sering lagi pada saat shalat tarawih di bulan ramadhan, dimana kebanyak imam membaca surat-surat pendek.

2. Perbanyak membaca surat-surat pendek tersebut sehingga ketika kita mulai menghafalnya maka lidah kita sudah akrab dengan ayat-ayat yang akan kita hafal. kemudian setelah kita yakin benar bahwa surat-surat tersebut sudah kita hafal, baru kemudian pindah ke surat berikutnya.

3. Jangan lupa untuk membacanya di hadapan seorang teman yang bacaan atau hafalan Al-Qurannya lebih baik dari kita atau seorang guru tahfizh Al-Quran untuk menyimak hafalan kita, ini harus kita lakukan untuk menghindari salah baca dan salah menghafal.

4. Lakukan pengulangan (muraja'ah) secara teratur, terutama kita baca dalam shalat lima waktu atau dalam shalat sunnah.

5. Usahakan membaca hafalan sesuai dengan urutan yang tercantum di dalam Al-Quran, misalnya kita membaca surat Al-Qari'ah,  At-Takatsur kemudian surat Al-'Ashr terus sampai surat An-Nas. sehingga kita mampu mengurutkan hafalan kita sesuai urutan yang ada dalam Al-Quran.

Demikian, mudah-mudahan setelah kita mampu menghafal surat-surat pendek tersebut, membuat kita tertarik untuk menghafal surat-surat panjang sehingga kita dapat merasakan nikmatnya menghafal Al-Quran.

Wallahul Musta'an

Artikel terkait untuk dibaca



8 Belantara Indonesia Fans:

  1. Wah meang betul sekali Brader....lebih cepat kalau dalam keadaan khusu sehingga pokus dalam menghafal surat2 alquran ditambah dengan sering mendengarkan insyaallah cepat hafal.

    BalasHapus
  2. @ChugyGogog yg paling utama adalah niat brad......Insya Allah..di mudahkan oleh Allah Ta'alla

    BalasHapus
  3. aku setuju tuh Sob... dengan banyak mendengarkan kita gak akan kepelset hhe.... dan yg terpenting baca di8 depan temen atau org yg lebih bisa jadi kita tau udah bener apa blum hhe... thnx 4 tips.....

    Semangat n happy blogging

    BalasHapus
  4. @Ferdinand Ya bagi yg awam memang terlihat susah,kayak aku dulu..sekarang masih kaleeee...wkwkkwkwkwwkwkw..usaha lah...

    BalasHapus
  5. yap betul banget,selain kita bisa cepat menghafal surat-surat pendek Al-quran, kita juga harus memahami isi kandungan surat2 pendek tersebut.

    BalasHapus
  6. @Niesa_BloggerGirl iya jeng Niesa..memahami adalah yg terpenting..bukan sekedar menghafal...

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!