Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

Kantong Tidur Untuk Pendakian Gunung

Area Bola
Sharing Yaa
Gunung adalah suatu tempat yang tinggi, dan jelas perbedaan suhu akan terasa nyata dan dingin dari kabut juga semakin menusuk kulit. Jadi kebanyakan pendaki gunung, bukan tentang lelah mendera semata saat jalur menanjak, tetapi suhu yang terlampau dingin sangatlah mengganggu jalan dan menambah berat langkah. Semua itu membutuhkan peralatan yang memadai guna menangkal dingin dan air, yakni Kantong tidur atau Sleeping Bag.

Alat tersebut bisa mudah kita dapatkan di toko penjual alat - alat outdoor dengan harga yang bervarisai, tergantung dari merk dan bahan. Bukan masalah harga dan penjualan yang akan kami bahas, tetapi kegunaan dari kantong tidur bagi pendaki gunung lah yang utama, sehingga alat tadi di haruskan ada saat kita berstatus penggiat alam bebas.

Ada contoh cerita tentang kegunaan kantong tidur / sleeping bag. 
Dua pendaki gunung Rusia meninggalkan seorang temannya yang kelelahan di ketinggian 6.000 meter karena kelelahan. Mereka tengah mendaki puncak K2 di Pegunungan Himalaya dan dalam perjalanannya dihantam badai. Seorang temannya yang kelelahan terpaksa harus tinggal di sebuah ceruk. Keduanya lalu turun untuk mencari bantuan. Sebelum ditinggalkan, pendaki yang kelelahan itu dibungkus dalam kantong tidur ( sleeping bag ).

Dua hari kemudian bantuan datang. Pendaki yang ditinggal ternyata masih dalam keadaan hidup walaupun kondisinya sudah demikian parah. Suhu yang ekstrem dan kondisi tubuh yang sakit membuat orang bisa cepat kehilangan panas tubuh. Bila ini terjadi, kematianlah yang datang. Kantong tidur agaknya bisa dijadikan sebagai benteng pertahanan dari kondisi tersebut.

Dari contoh cerita di atas, terasa sekali pentingnya kantong tidur. Selain banyak tersedia di toko - toko penjualan outdoor, sebaiknya kita tahu spesifikasi alat tersebut agar tidak salah beli dan lebih maksimal berguna nantinya.

Jadi kondisi alam dan gunung bisa kita jadikan bahan pertimbangan agar tak salah dalam memilih kantong tidur. Bagi yang sering melakukan pendakian di gunung di daerah tropis, sebaiknya pilih kantong tidur yang tak teralu tebal, karena selain akan membuat kita kepanasan juga kantong tidur tebal sulit dalam penyimpanan dalam tas backpacker kita.

Tetapi juga tak di sarankan lalu membawa Tempat tidur di rumah atau springbad untuk pendakian pengganti kantong tidur, karena selain berlebihan dan norak juga akan membuat se isi alam tertawa terbahak - bahak melihat bawaan Anda sekalian...
Alat penting silahkan di sertakan dalam kegiatan pendakian sahabat semua, karena akan terasa berguna sekali tatkala kita butuh istirahat di tempat dingin da aman dari gangguan sekitarnya. Dan kantong tidur terkini bisa muat 2 orang, tentu bukan untuk berbuat yang tak senonoh di alam bebas, tetapi untuk tidur agar lebih hangat. Selamat bertualang ya sahabat alam...

Artikel Terkait Untuk Dibaca



0 Komentar

0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!