Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Peralatan Untuk Ber Arung Jeram

Sharing Yaa
Arung jeram suatu kegiatan yang banyak di minati, baik untuk berwisata, olah raga maupun kegiatan rutin tim penggiat alam bebas. Tentu memang kegiatan yang tak murah dewasa ini, tetapi semua bisa di adakan dengan murah jika di lakukan dalam bentuk tim terpadu. Untuk prasarana dan sarana ber arung jeram akan aku tuliskan berikut ini sebagai bahan pertimbangan dan pengetahuan rekan petualang semua.


Perahu Karet.
Ini alat utama yang harus ada, karena tak mungkin kita ber arung jeram menggunakan ban dalam mobil atau pelampung boneka milik adik bayi kita. Dan tak hanya sekedar bisa mengapung atau mengambang, bisa bermanuver dengan cepat, bia mengeluarkan air secara otomatis, memiliki empat tabung udara yang sehingga jika salah satu tabung bocor akan digantikan oleh yang lain, dan yang pasti kuat dan kokoh.

Jenis - jenis perahu karet :
a. Landing Craft Rubber
b. Oval, Perahu dengan rancangan bagian buritan dan haluan dibuat agak mencuat agar air tidak mudah masuk dan mampu menjaga kestabilan perahu ketika melewati jeram besar. Perahu dibagi atas dua golongan yaitu:
a. Non self Bailing Floor
Perahu ini tidak dilengkapi dengan lubang - lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk kedalam perahu, karena itu perahu jenis ini harus dilengkapi dengan ember / gayung untuk membuang air.
b. Self Bailing Floor 
Perahu jenis ini adalah perahu jenis terbaru. Perahu jenis ini dilengkapi dengan lantai yang dipompa dan lubang pembuangan air. Air yang masuk kedalam perahu otomatis akan keluar dengan sendirinya.

Dayung atau alat pengayuh 

Dayung sebagai alat kayuh pada olahraga arung jeram sedapat mungkin dibuat dari bahan yang kuat tetapi ringan. Ada beberapa jenis dayung yang biasa digunakan untuk berarung jeram :
a. Dayung kayu.  Dayung ini lebih berat dan kekuatannya kurang dibandingkan dengan dayung yang dibuat dari bahan lain.
b. Dayung Fiberglass Dayung ini cukup ringan tetapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam, bisa melukai pemakainya.
c. Dayung Alumunium dan Plastik Dayung ini cukup ringan, mudah terapung, lebih kuat dari dayung lainnya. Dayung jenis ini yang lebih banyak dipakai berarung eram. Dayung yang dipergunakan oleh awak perahu, panjangnya berkisar antara 4,5 – 6 kaki. Tetapi umumnya adalah 5 – 5,5 kaki. Sesungguhnya faktor penentu ukuran panjang dayung ada tiga hal, yaitu : besar badan dan kekuatan awak, diameter tabung perahu dan kelilingnya, sebagai pendayung awak atau pendayung kemudi / kapten.

Carabiner 

Dalam kegiatan Arung Jeram sangat banyak gunanya,bisa dibuat untuk menggantungkan barang - barang, berguna untuk alat rescue.

Pelampung 
Ada dua jenis pelampung yang biasa digunakan yaitu pelampung padat dan pelampung tiup. Jenis pelampung yang baik dan benar untuk berarung jeram adalah pelampung yang sesuai dengan ukuran postur tubuh, berisi gabus tebal ( dapat berfungsi sebagai penahan benturan terhadap benda keras ). Untuk kemungkinan menghadapi keadaan darurat , perlu dipertimbangkan mengenai penggunaan pelampung dengan tambahan dibagian belakang kepala, agar kepala tetap terapung tengadah, apabila tidak sadarkan diri.

Helmet 
Mengarungi sungai berjeram dengan letak batuan yang tidak beraturan atau sungai dengan tingkat kesulitan yang tinggi, helm mutlak digunakan. Tujuannya untuk melindungi kepala dari kemungkinan benturan benda keras. Helm yang baik harus ringan, tahan air, dan tidak mengganggu pandangan maupun gerakan.

Tali lempar ( Throw Rope )
Panjangnya kurang lebih 30 meter. Tali ini digunakan untuk keadaan darurat dan dalam perahu harus ada satu gulungan tali ini dari jenis kernmantel dinamis.

Tali untuk membalikan perahu ( Flip Line
Biasanya dikaitkan disamping perahu. Apabila perahu terbalik maka tali ini dapat digunakan untuk membalikan perahu ke posisi semula.

Pompa 
Pompa berguna untuk menjaga bila tabung perahu kempis. Sehingga alat tersebut sebaiknya dibawa pada saat pengarungan. Selain pompa kaki ( foot-pump ), terdapat pula pompa yang two barrel, artinya selain dapat memompa udara kedalam perahu, juga dapat menyedot udara dari dalam perahu. Tidak disarankan memompa perahu dengan menggunakan kompresor, karena udara yang keluar dari kompresor adalah udara panas. Hal ini dapat menyebabkan perahu pecah.

Peluit 
Melakukan komunikasi lewat suara sangatlah sulit karena suara deru jeram sangatlah keras. Untuk mengatasinya digunakan peluit, yang dibantu aba - aba dengan tangan atau dayung.

Dry Bag 
Dry bag digunakan untuk menyimpan / membawa barang - barang yang tidak tahan air seperti makanan, medical kit, dan lain - lain.

Perlengkapan P3K 
Mutlak harus dibawa. Jenis obatnya dapat disesuaikan dengan kondisi medan dan kebutuhan selama mengarungi sungai.

Prusik 
Prusik yang kita bawa sebaiknya berukuran 50 – 60 % dari tali utama yang kita gunakan atau sekitar 5 – 7 mm. Dengan memakai simpul Double Fisherman ikatlah kedua ujung prusik menjadi loop ( lingkaran ). Sangat membantu saat menggunakan sistem C-Rig atau Z-Rig unutk menarik perahu yang terjebak rintangan di tengah sungai.
Prusik

Pulley 
Bisa juga digunakan dengan carabiner untuk mengurangi friksi saat penggunaan tali dengan menggunakan sistem C-Rig atau Z-Rig sehingga beban menjadi ringan saat di tarik. Diameter Pulley adalah 2 inchi, berdasarkan bending radius yang paling ideal. Tetapi sebenarnya dengan ukuran tersebut untuk rescue kit terlalu berat dan kurang efektif, karena itu sekarang terdapat Pulley dengan material yang sama tetapi berukuran lebih kecil dengan kekuatan 3000 – 5000 pounds.

Pisau Saku ( Pocket Knives )
Dengan ukuran yang relatif kecil sehingga efisien untuk dibawa, dimasukan ke dalam saku pelampung. Gunanya banyak sekali selain untuk survival kit. Terdapat dua macam pisau yang biasa digunakan untuk berarung jeram, yaitu single-blade dan double-blade. Hanya yang perlu diingat cara menyimpannya agar tidak membahayakan diri sendiri. Nah selamat ber arung jeram ya sahabat alam semua, dan jangan karena iseng atau ikut - ikutan karena Arung Jeram arena wisata dan petualangan

Artikel terkait untuk dibaca



8 Belantara Indonesia Fans:

  1. Asslamualikum.... Saya kembali berkunjung, kunjungan balik ya, oia saya pindah blog, blog baru saya ini http://obatjerawatalami.blogspot.com

    Tolong Review ya Friends... Wasslm...

    BalasHapus
  2. Belum pernah ni brader main arung jerang...
    alnya di tempat ane ga ada tmbat bt sport arung jeram....Save dululah infonya.

    BalasHapus
  3. Blogwalking sambil ngronda brad....!!
    Liat liat pemandangan ni dunia maya...wakwakwakwkawkawk..

    BalasHapus
  4. @ChugyGÒgÓG hhehehhee...ya coba di ember di kamar mandi dulu brad..hahahha

    BalasHapus
  5. @Wallpaper 4xp wogh selamat ronda brad..hahahhahaha...jgn lupa pake celana..

    BalasHapus
  6. Hahahaha.... Baru aja mulai baca sudah meledak ban arung jeram di mulut saya. Ini nih penyebabnya: "karena tak mungkin kita ber arung jeram menggunakan ban dalam mobil atau pelampung boneka milik adik bayi kita"....

    * eram. Ketinggalan huruf j (lihat no.c)

    Banyak sekali perlengkapannya ya mas Adit. Oya, gimana tuh cara mompanya di atas kapalnya. Soalnya angin bannya kan sdh kurang?

    * Satu lagi mas Adit. Bisa gak kalau dalam kapal arung jeram itu kita isi air setinggi sejengkal lalu kita biarkan sepasang lele berenang di situ?

    BalasHapus
  7. tak perlu di pompa dlm perahu mas, cukup sudah pompa cadangannya..ya kalo perlu di pompa ya manual mas, sperti biasa kayak mompa balon..tapi ya kalo habis.. bis.. bisa di pake perahu cadangan yg biasanya ada di sekitar kita..jadi ya tak sendirian lah..ada penjaganya...lele

    BalasHapus

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!