Not seeing a Kembali Ke Atas? Go to our FAQ page for more info.
Join Us on FacebookFollow us on TwitterAdd to Circles
+81391470737 savanna@belantaraindonesia.org
Memuat...

Himalaya

Area Bola
Sharing Yaa
Himalaya adalah sebentuk baris pegunungan di Asia. Himalaya juga tempat dimana gunung - gunung tinggi di dunia berada. Misalnya Gunung Kanchenjunga dan Gunung Everest. Sedangkan secara keseluruhan Himalaya berada di 5 negara: India, Nepal, Bhutan, China dan Pakistan.

Himalaya juga sumber air sungai terbesar di dunia yakni Sungai Indus dan sungai Gangga Brahmaputra. Pgunungan Himalaya mempunyai panjang sekitar 2400 km dan lebarnya antara 250 - 300 km dari Nanga Parbat di barat hingga Namche Barwat di Timur.

Jalan Gunung.
"Terrain" yang kasar berarti hanya ada sedikit rute yang melintasi Himalaya.

  • Gangtok di Sikkim ke Lhasa di Tibet melalui Celah Nathula dan Celah Jelepla (salah satu daerah Jalur Sutra).
  • Bhadgaon di Nepal ke Nyalam di Tibet.
  • Rohtang Pass di Himachal Pradesh, India
  • Jalan dari Srinagar di Kashmir melalui Leh ke Tibet sekarang jarang digunakan karena masalah di wilayah tersebut.
Dampak terhadap politik dan budaya
Himalaya karena ukurannya yang besar dan luas, telah menjadi sebuah rintangan alam yang besar bagi manusia sejak zaman dahulu. Terutama, pencegahan hubungan antara orang dari sub benua India dengan orang dari Cina dan Mongolia, menyebabkan bahasa yang sangat berbeda dan budaya dari wilayah tersebut.

Himalaya juga telah mencegah rute perdagangan dan ekspedisi militer melaluinya. Contohnya, Genghis Khan tidak dapat memperluas kekaisarannya ke selatan Himalaya menuju sub-benua India tersebut.

Artikel Terkait Untuk Dibaca



0 Komentar

0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!