Subcribe to our RSS feeds Join Us on Facebook Follow us on Twitter Add to Circles
+82221152857 wijayadie@yahoo.com
Memuat...

Proposal Pendakian Bersama Gunung Merapi

Sharing Yaa
A. PENDAHULUAN
Manusia tak akan dapat hidup dengan tenang jika tidak mampu membangun harmoni dengan lingkungan alam tempat dia hidup dan berinteraksi. Bahkan sudah umum diyakini, bahwa manusia adalah mikrokosmos dan alam semesta adalah makrokosmos. Ini memberi gambaran mengenai betapa pentingnya hubungan yang saling mendukung antara aktifitas dan kesadaran manusia dengan fakta terdapatnya lingkungan alam.

Mensyukuri ni'mat Allah SWT, salah satunya dapat berwujud upaya seseorang untuk membangun hubungan harmoni dengan lingkungan alamnya. Kegiatan yang di gunakan sebagai persembahan kepada Clara Sumarwati, pendaki wanita pertama Indonesia dan Asia Tenggara yang berhasil menggapai Gunung Everest Karena bagaimanapun juga sebagian besar dari para petualang Indonesia telah banyak yang melupakan dan meragukan pencapaian Clara Sumarwati. Setiap pendaki gunung dan petualang sejati, diharapkan bisa mengenang dan tak melupakan legenda Indonesia Clara Sumarwati dengan pencapaiannya yang tak akan mudah di gapai pendaki siapapun.

Begitu juga halnya dengan upaya kalangan pendaki gunung dan petualang dalam menumbuhkan rasa harmoni antara diri dan lingkungan alamnya akan banyak membantu dan mendukung upaya membangun harmoni antara diri manusia dengan lingkungan hidupnya. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan perenungan alam ( tadabbur alam ), baik melalui kegiatan penjelajahan bebas maupun pendakian gunung.

Sehubungan dengan kepentingan menumbuhkan pengalaman dan kesadaran akan pentingnya membangun dan menjaga harmoni antara diri manusia dengan lingkungan alamnya, serta untuk mengenang betapa hebatnya Clara Sumarwati, legenda pendaki Indonesia, maka kami dari BELANTARA INDONESIA menawarkan sebuah usulan proyek kerjasama pendakian gunung Merapi bersama beberapa mahasiswa MAPALA PANDAWA UST Jogjakarta. Besar harapan kami deskripsi dalam proposal ini akan memberi kejelasan yang memadai bagi kegiatan ini.

B. HASIL ( OUTPUT ) YANG DIHARAPKAN DARI PELAKSANAAN KEGIATAN INI
Pelaksanaan Kegiatan Pendakian Gunung Merapi, diharapkan dapat menghasilkan beberapa hal berikut:

Terbentuknya kesadaran yang tinggi dalam diri  kalangan intelektual mahasiswa dan pendaki gunung mengenai pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan membangun hubungan yang harmonis antara eksistensi manusia dan pasifitas alam.

Pengalaman positif dan membangun bagi kalangan intelektual mahasiswa dan pendaki gunung dalam berinteraksi dengan alam gunung secara langsung.

Momen penting bagi kerjasama pendaki gunung dan intelektual mahasiswa dalam kegiatan bernuansa lingkungan alam.

Sarana efektif bagi promosi aktifitas kemahasiswaan rekan - rekan sekaligus segenap seluruh instansi UST.

Terciptanya rasa kebersamaan antar mahasiswa dan pendaki gunung yang berpartisipasi dalam pendakian ini.

Menumbuhkan rasa respek dan bangga dengan melakukan pengibaran bendera organisasi dan banner Clara Sumarwati di Pasar Bubrah gunung Merapi dengan di iringi upacara kecil.

C. GAMBARAN RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

Juni : Pengumpulan dana dari donatur dan sponsor

Akhir Juni : Briefing dalam pembagian tugas tim panitia dan checking peserta.

Juli 15 : Berangkat menuju pendakian Gunung Merapi lewat jalur Selo. Dan di ikuti dengan pengibaran bendera organisasi dan banner untuk Clara Sumarwati.

Juli 16 : Perjalanan turun dari Merapi dan kembali menuju Yogyakarta.

Akhir Juli : Laporan pendakian ke publik.

D. KEBUTUHAN ANGGARAN

Persiapan: Konsumsi rapat dan briefing Rp 200.000
Perlengkapan : Kaos panitia 50.000 x 10 = Rp 500.000
Sewa Basecamp Selo: Rp 300.000
Pembuatan bendera: @Rp 50.000 x 2 = Rp 100.000
Konsumsi : @Rp 10.000 x 50 = Rp 500.000
Transportasi : @Rp 20.000 x 50 = 1.000.000
Dokumentasi dan publikasi : Rp 100.000

Total : Rp 2.700.000

Dana tak terduga : Rp 500.000

Total biaya keseluruhan: Rp 3.200.000

F. PENUTUP
Demikianlah proposal kerjasama ini diajukan untuk dapat ditindaklanjuti. Atas semua kesalahan bahasa kami mohon maaf dan permakluman. Dan semoga proposal ini dapat dikongkritkan dan akan menjadi sebuah awal yang baik bagi kerjasama jangka panjang antara pihak BELANTARA INDONESIA dan MAPALA PANDAWA UST. Berikutnya tak lupa kami ucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar - besarnya atas niatan baik para penggiat alam bebas untuk ikut serta membimbing dan mengembangkan pengalaman dan profesionalitas BELANTARA INDONESIA, semoga Allah SWT selalu merahmati dan melindungi kita semua. Amin.

Jogjakarta, Juni 2011

TIM PENDAKIAN BERSAMA GUNUNG MERAPI UNTUK CLARA SUMARWATI

Ketua Pelaksana:
Sekertaris :
Ketua  BELANTARA INDONESIA : Panji Green
Ketua PANDAWA :

Artikel terkait untuk dibaca



0 Belantara Indonesia Fans:

Poskan Komentar

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial Belantara Indonesia. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Sahabat alam Indonesia!